Simbol-simbol keislaman pada aktivitas komunikasi pemasaran religius (Studi Deskriptif Mengenai Penggunaan Simbol-Simbol Keislaman pada Aktivitas Komunikasi Pemasaran Religius Syaamil Group di Bandung)

Gantira, Erlan (2025) Simbol-simbol keislaman pada aktivitas komunikasi pemasaran religius (Studi Deskriptif Mengenai Penggunaan Simbol-Simbol Keislaman pada Aktivitas Komunikasi Pemasaran Religius Syaamil Group di Bandung). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover Judul Tesis Erlan Gantira 2230100037.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan Bermaterai.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 Tesis Erlan Gantira 2230100037.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2 Tesis Erlan Gantira 2230100037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3 Tesis Erlan Gantira 2230100037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 Tesis Erlan Gantira 2230100037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5 Tesis Erlan Gantira 2230100037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN PANDUAN WAWANCARA PENELITIAN)
Lampiran Panduan Wawancara Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Dinamika komunikasi pemasaran di tengah materialisme, konsumerisme dan pragmatisme menjadi sesuatu hal yang umum dan lumrah di era sekarang meninggalkan nilai-nilai kebaikan yang diajarkan oleh agama, oleh karenanya komunikasi pemasaran religius penting. Adalah Syaamil Group sebuah perusahaan penerbitan dan percetakan yang dalam aktivitas komunikasi pemasarannya menggunakan simbol-simbol religius. Penelitian ini dilakukan di kantor Syaamil Group di jalan Babakansari no. 71, Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis simbol-simbol keislaman dikonstruksikan dan digunakan dalam strategi komunikasi pemasaran rel igius oleh Syaamil Group di Bandung, untuk menganalisis makna yang dikomunikasikan melalui simbol-simbol keislaman kepada konsumen dalam konteks komunikasi pemasaran religius Syaamil Group, untuk menganalisis persepsi tim pemasaran dan mitra mengenai simbol-simbol keislaman yang digunakan dalam aktivitas komunikasi pemasaran religius Syaamil Group,dan untuk mengenalisis proses komunikasi simbolik antara Syaamil Group dan audience target membentuk citra religius perusahaan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma intrepretive dengan pendekatan studi deskriptif dan metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data yang didapatkan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data dikumpulkan dari hasil wawancara, obvervasi dan pengumpulan dokumentasi, Adapun masa waktu penelitian dilakukan mulai tanggal 1 Desember 2024 sampai dengan tanggal 30 Mei 2025. Berdasar pada hasil penelitian didapatkan bahwa kegitan komunikasi pemasaran religius Syaamil Group terletak pada kemampuannya memahami secara mendalam audiens religius, termasuk nilai, kepercayaan, dan praktik spiritual mereka.Penggunaan simbol-simbol keislaman yang konsisten tidak hanya memperkuat citra religius perusahaan, tetapi juga menjadi alat komunikasi nilai-nilai Islam dalam konteks transaksi sosial yang bermakna antara perusahaan, mitra, dan konsumen. Interaksi simbolik ini membentuk persepsi publik bahwa Syaamil Group bukan sekadar penyedia produk Islami, melainkan juga agen dakwah yang membawa misi spiritual secara autentik dan etis.strategi komunikasi pemasaran religius.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran Religius; Simbol Keislaman Dalam Pemasaran; Simbol Pemasaran Religius
Subjects: Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Administration of Economy > Administration of Communications
General Management > Sales Promotion
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Erlan Gantira
Date Deposited: 28 Jul 2025 01:29
Last Modified: 28 Jul 2025 01:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113241

Actions (login required)

View Item View Item