Gantira, Erlan (2025) Simbol-simbol keislaman pada aktivitas komunikasi pemasaran religius (Studi Deskriptif Mengenai Penggunaan Simbol-Simbol Keislaman pada Aktivitas Komunikasi Pemasaran Religius Syaamil Group di Bandung). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover Judul Tesis Erlan Gantira 2230100037.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan Bermaterai.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1 Tesis Erlan Gantira 2230100037.pdf Download (461kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2 Tesis Erlan Gantira 2230100037.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3 Tesis Erlan Gantira 2230100037.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB 4 Tesis Erlan Gantira 2230100037.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB 5 Tesis Erlan Gantira 2230100037.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN PANDUAN WAWANCARA PENELITIAN)
Lampiran Panduan Wawancara Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) | Request a copy |
Abstract
Dinamika komunikasi pemasaran di tengah materialisme, konsumerisme dan pragmatisme menjadi sesuatu hal yang umum dan lumrah di era sekarang meninggalkan nilai-nilai kebaikan yang diajarkan oleh agama, oleh karenanya komunikasi pemasaran religius penting. Adalah Syaamil Group sebuah perusahaan penerbitan dan percetakan yang dalam aktivitas komunikasi pemasarannya menggunakan simbol-simbol religius. Penelitian ini dilakukan di kantor Syaamil Group di jalan Babakansari no. 71, Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis simbol-simbol keislaman dikonstruksikan dan digunakan dalam strategi komunikasi pemasaran rel igius oleh Syaamil Group di Bandung, untuk menganalisis makna yang dikomunikasikan melalui simbol-simbol keislaman kepada konsumen dalam konteks komunikasi pemasaran religius Syaamil Group, untuk menganalisis persepsi tim pemasaran dan mitra mengenai simbol-simbol keislaman yang digunakan dalam aktivitas komunikasi pemasaran religius Syaamil Group,dan untuk mengenalisis proses komunikasi simbolik antara Syaamil Group dan audience target membentuk citra religius perusahaan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma intrepretive dengan pendekatan studi deskriptif dan metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data yang didapatkan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data dikumpulkan dari hasil wawancara, obvervasi dan pengumpulan dokumentasi, Adapun masa waktu penelitian dilakukan mulai tanggal 1 Desember 2024 sampai dengan tanggal 30 Mei 2025. Berdasar pada hasil penelitian didapatkan bahwa kegitan komunikasi pemasaran religius Syaamil Group terletak pada kemampuannya memahami secara mendalam audiens religius, termasuk nilai, kepercayaan, dan praktik spiritual mereka.Penggunaan simbol-simbol keislaman yang konsisten tidak hanya memperkuat citra religius perusahaan, tetapi juga menjadi alat komunikasi nilai-nilai Islam dalam konteks transaksi sosial yang bermakna antara perusahaan, mitra, dan konsumen. Interaksi simbolik ini membentuk persepsi publik bahwa Syaamil Group bukan sekadar penyedia produk Islami, melainkan juga agen dakwah yang membawa misi spiritual secara autentik dan etis.strategi komunikasi pemasaran religius.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran Religius; Simbol Keislaman Dalam Pemasaran; Simbol Pemasaran Religius |
Subjects: | Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Administration of Economy > Administration of Communications General Management > Sales Promotion |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Erlan Gantira |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 01:29 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 01:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113241 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |