Bimbingan konseling melalui Treatment Rational Emotive Behavior therapy dalam mengatasi permasalahan perilaku membolos peserta didik

Aulia, Zulfa Annidzatul (2025) Bimbingan konseling melalui Treatment Rational Emotive Behavior therapy dalam mengatasi permasalahan perilaku membolos peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarisme.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena perilaku membolos yang terjadi dikalangan peserta didik. Perilaku membolos merupakan salah satu bentuk permasalahan kedisiplinan yang dapat mengganggu proses belajar dan perkembangan peserta didik. Berbagai faktor seperti kurangnya motivasi belajar, tekanan akademik, pengaruh lingkungan, dan ketidaknyamanan terhadap pelajaran atau guru menjadi penyebab utama munculnya perilaku ini. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kondisi objektif perilaku peserta didik yang membolos di SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung, untuk menganalisis Bagaimana proses REBT untuk mengatasi permasalahan perilaku membolos di SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung, untuk menganalisis bagaimana kondisi peserta didik pasca konseling REBT oleh guru bimbingan konseling dalam mengatasi peserta didik yang membolos di SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rational Emotive Behavior Therapy (REBT). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap Guru BK dan peserta didik yang menunjukkan perilaku membolos. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMPN 2 Cileunyi serta penerapan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam menangani perilaku membolos siswa. Layanan BK meliputi layanan dasar, responsif, perencanaan individual, dan dukungan sistem yang dilaksanakan secara fleksibel sesuai kebutuhan siswa. Pendekatan REBT diterapkan melalui tahapan identifikasi keyakinan irasional, pembantahan, dan penguatan pemikiran rasional. Guru BK juga memberikan dukungan tambahan melalui bimbingan klasikal dan kunjungan rumah (home visit). Hasil konseling menunjukkan perubahan perilaku secara bertahap, seperti meningkatnya kehadiran, kemampuan mengelola emosi, serta motivasi dan tanggung jawab belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling, Rationa Emotive Behavior Therapy, Perilaku Membolos
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Zulfa ZAA Zulfa Annidzatul Aulia
Date Deposited: 23 Jul 2025 06:35
Last Modified: 23 Jul 2025 06:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113246

Actions (login required)

View Item View Item