Badriah, Sri Atika (2025) Konseling individu dengan teknik motivational interviewing pada motivasi belajar siswa Broken Home: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (Cover)
1_cover.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrac)
2_abstrac.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text (SK Bebas Plagiarism)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
4_daftarisi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
5_bab1.pdf Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab II)
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (Bab III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (Bab IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (Lampiran)
10_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perubahan pada siswa yang berasal dari keluarga broken home dapat memengaruhi motivasi belajar secara signifikan. Lingkungan keluarga yang tidak kondusif sering kali menurunkan semangat belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan teknik konseling yang tepat untuk memahami kondisi mereka dan meningkatkan motivasi belajar. Salah satu pendekatan yang relevan adalah Motivational Interviewing (MI), yang menekankan pada penguatan motivasi intrinsik individu. Teknik ini dinilai efektif dalam membimbing siswa menuju perubahan positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Teknik Motivational Interviewing pada konseling individu terhadap motivasi belajar siswa Broken Home. Teknik motivational interviewing ini adalah Teknik Miller dan Rollnick (2002) yang memiliki empat prinsip dasar dari Motivational Interviewing, yaitu menunjukkan empati,mengembangkan diskrepansi (ketidak sesuaian),menerima resistensi,dan mendukung efikasi diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui pendekatan kualitatif. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara kepada pihak yang bersangkutan dan mengambil dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi data yang berkaitan dengan Konseling Individu Dengan Teknik Motivational Interviewing Pada Motivasi Belajar Siswa Broken Home. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konseling individu dengan Teknik Motivational Interviewing menghasilkan peningkatan signifikan pada motivasi belajar siswa Broken Home. Perubahan positif teramati pada nilai akademik yang membaik, rajin ke sekolah, mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, dan perubahan perilaku yang tadinya murung menjadi lebih ceria. Siswa juga melaporkan peningkatan pemahaman materi pelajaran dan motivasi intrinsik untuk meraih prestasi, seperti keinginan masuk SMA favorit dan membanggakan keluarga. Data empiris ini mengkonfirmasi bahwa konseling individu berbasis motivational interviewing efektif dalam menumbuhkan motivasi belajar dan membangun kembali kepercayaan diri siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling individu, motivational interviewing; motivasi belajar; broken home |
Subjects: | Psychology Psychology > Education of Psychology Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology Applied Psychology > Counseling and Interviewing Pastoral Care of Families Social Welfare, Problems and Services > Services of Mental Illness Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Sri Atika Badriah |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:28 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113270 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |