Konseling individu dengan teknik motivational interviewing pada motivasi belajar siswa Broken Home: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bekasi

Badriah, Sri Atika (2025) Konseling individu dengan teknik motivational interviewing pada motivasi belajar siswa Broken Home: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrac)
2_abstrac.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK Bebas Plagiarism)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
4_daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
5_bab1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text (Bab III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
10_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan pada siswa yang berasal dari keluarga broken home dapat memengaruhi motivasi belajar secara signifikan. Lingkungan keluarga yang tidak kondusif sering kali menurunkan semangat belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan teknik konseling yang tepat untuk memahami kondisi mereka dan meningkatkan motivasi belajar. Salah satu pendekatan yang relevan adalah Motivational Interviewing (MI), yang menekankan pada penguatan motivasi intrinsik individu. Teknik ini dinilai efektif dalam membimbing siswa menuju perubahan positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Teknik Motivational Interviewing pada konseling individu terhadap motivasi belajar siswa Broken Home. Teknik motivational interviewing ini adalah Teknik Miller dan Rollnick (2002) yang memiliki empat prinsip dasar dari Motivational Interviewing, yaitu menunjukkan empati,mengembangkan diskrepansi (ketidak sesuaian),menerima resistensi,dan mendukung efikasi diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui pendekatan kualitatif. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara kepada pihak yang bersangkutan dan mengambil dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi data yang berkaitan dengan Konseling Individu Dengan Teknik Motivational Interviewing Pada Motivasi Belajar Siswa Broken Home. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konseling individu dengan Teknik Motivational Interviewing menghasilkan peningkatan signifikan pada motivasi belajar siswa Broken Home. Perubahan positif teramati pada nilai akademik yang membaik, rajin ke sekolah, mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, dan perubahan perilaku yang tadinya murung menjadi lebih ceria. Siswa juga melaporkan peningkatan pemahaman materi pelajaran dan motivasi intrinsik untuk meraih prestasi, seperti keinginan masuk SMA favorit dan membanggakan keluarga. Data empiris ini mengkonfirmasi bahwa konseling individu berbasis motivational interviewing efektif dalam menumbuhkan motivasi belajar dan membangun kembali kepercayaan diri siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling individu, motivational interviewing; motivasi belajar; broken home
Subjects: Psychology
Psychology > Education of Psychology
Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Pastoral Care of Families
Social Welfare, Problems and Services > Services of Mental Illness
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sri Atika Badriah
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:28
Last Modified: 24 Jul 2025 02:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113270

Actions (login required)

View Item View Item