Azzahra, Salsabila (2025) Penentuan arah kiblat: sebuah kajian literatur peran matematika dalam pendidikan Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARSM)
SK CEK PLAGIARISME.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (473kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (956kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua permasalahan utama, yaitu masih banyaknya arah kiblat yang perlu diperbarui di tempat-tempat ibadah, serta perlu ditingkatkannya minat peserta didik di lingkungan pendidikan Islam terhadap matematika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kajian literatur terkait penentuan arah kiblat dalam lima tahun terakhir, mengkaji peran matematika dalam proses penentuan arah kiblat, serta menganalisis integrasi konsep matematika dalam pembelajaran di lingkungan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan pedoman Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA). Kajian dilakukan terhadap 14 artikel ilmiah terbitan tahun 2020–2024 yang diperoleh dari berbagai database jurnal terindeks dan diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perkembangan signifikan dalam pendekatan penentuan arah kiblat, baik melalui metode tradisional maupun berbasis teknologi pada lima tahun terakhir, kemudian matematika, khususnya trigonometri bola, memiliki peran penting dalam menghitung arah kiblat secara akurat berdasarkan azimut dan koordinat geografis, serta integrasi konsep matematika dalam pendidikan Islam berkontribusi dalam memperkuat pemahaman peserta didik terhadap hubungan antara ilmu eksakta dan nilai-nilai keagamaan. Dengan demikian, pembelajaran yang memadukan aspek matematis dan keislaman, seperti dalam konteks penentuan arah kiblat, memiliki potensi untuk memperkuat pemahaman peserta didik terhadap relevansi matematika dalam ibadah sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penentuan Arah Kiblat; Trigonometri Bola; Matematika; Pendidikan Islam; Systematic Literature Review; |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an Mathematics Geometry > Trigonometry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Salsabila Azzahra |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:24 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |