Gaya Dakwah KH. Jujun Junaedi di media sosial Tiktok: Studi deskriptif pada akun Tiktok @jujunjunaediofficial

Nugraha, Rizki Achmad (2025) Gaya Dakwah KH. Jujun Junaedi di media sosial Tiktok: Studi deskriptif pada akun Tiktok @jujunjunaediofficial. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER_Rizki Achmad N (FINIS).pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
cek plagiat_Rizki Achmad.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI (FINIS).pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (FINIS).pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II (FINIS).pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (FINIS).pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV (FINIS).pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran (Finis).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di era digital saat ini, media sosial telah menjadi platform yang signifikan untuk penyebaran informasi dan dakwah. TikTok, dengan format video pendek yang menarik, dan jangkauan audiens yang luas yang didominasi oleh generasi muda, menawarkan potensi besar bagi para pendakwah untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan secara kreatif dan mudah diakses. Platform ini memungkinkan penyampaian dakwah yang ringkas, visual, dan menarik, berbeda dengan metode tradisional, sehingga dapat menjangkau segmen masyarakat yang lebih luas, termasuk mereka yang mungkin jarang mengakses ceramah atau pengajian konvensional. Penelitian ini berfokus pada analisis gaya bahasa, gaya suara, dan gaya gerak tubuh KH. Jujun Junaedi dalam aktivitas dakwah di media sosial TikTok. Dengan mengkaji ketiga aspek komunikasi non-verbal dan verbal ini, studi ini bertujuan untuk memahami bagaimana KH. Jujun Junaedi mengoptimalkan elemen-elemen tersebut untuk menyampaikan pesan dakwah secara efektif, menarik perhatian audiens digital, dan bersaing dengan berbagai jenis konten lain di platform TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan menganalisis secara mendalam mengenai konten-konten dakwah yang diunggah oleh KH. Jujun Junaedi di akun TikTok-nya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi langsung terhadap pembuatan video-video dakwah, dan dokumentasi terhadap video-video yang sudah ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya dakwah KH. Jujun Junaedi di Tiktok dilihat berdasarkan aspek gaya bahasa, gaya suara, dan gaya gerak tubuh. Gaya bahasa komunikatif yang digunakan KH. Jujun Junaedi, mampu membuat pesan dakwah lebih mudah diterima oleh audiens. Dalam aspek gaya suara, KH. Jujun Junaedi menunjukkan variasi yang dinamis. Beliau mampu menggunakan intonasi yang bervariasi, dari nada serius saat menyampaikan pesan-pesan agama yang mendalam, hingga nada ceria dan jenaka saat menyelipkan humor. Sementara itu, gaya gerak tubuh KH. Jujun Junaedi di TikTok tampak ekspresif dan natural. Gerakan tangan, ekspresi wajah, dan postur tubuh digunakan secara efektif untuk menekankan poin-poin penting dan membangun koneksi emosional dengan audiens. Studi ini memberikan pemahaman tentang bagaimana seorang kyai dapat tetap relevan dan efektif dalam berdakwah di tengah perubahan lanskap media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya Dakwah; Retorika; KH Jujun Junaedi; Media Sosial
Subjects: Islam > Da'wah
Rhetoricand Collections of Literary
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rizki Achmad Nugraha
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:29
Last Modified: 25 Jul 2025 03:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113416

Actions (login required)

View Item View Item