Azzahra, Wila (2025) Perencanaan strategis Community Relations Radio Benpas Subang pada program siaran "Aksi Kita Oi!" dikalangan pelajar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_COVER.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
2_ABSTRAK.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
3_LEMBAR BEBAS PLAGIARISME.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
4_DAFTAR ISI.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
5_BAB I.pdf Download (402kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) | Request a copy |
Abstract
Community relations merupakan bagian dari praktik public relations yang menekankan keterlibatan aktif antara organisasi dan komunitasnya untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan. Radio Benpas Subang memanfaatkan pendekatan ini melalui program “Aksi Kita Oi!”, sebuah inisiatif siaran interaktif yang mengundang partisipasi langsung dari pelajar tingkat SMA/SMK di wilayah Kabupaten Subang. Program ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana edukatif, tetapi juga sebagai strategi komunikasi yang membangun loyalitas komunitas, memperkuat posisi media di tengah gempuran digital, dan membentuk citra sebagai media milik pemerintah yang relevan bagi generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan strategis community relations yang dilakukan oleh Radio Benpas Subang pada program “Aksi Kita Oi!” dengan menggunakan model perencanaan strategis yang dikemukakan oleh Wendy Robson yang meliputi tiga tahapan: analisis strategi, pemilihan strategi, dan implementasi strategi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan memperoleh data melalui wawancara mendalam dan observasi pasif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan perencanaan strategis dilakukan secara menyeluruh dan berorientasi pada tujuan community relations jangka Panjang yang terdiri atas: (1) Analisis strategi, Radio Benpas Subang mengidentifikasi kebutuhan generasi Z terhadap media ekspresif dan edukatif berbasis komunitas, (2) Pemilihan strategi, radio memadukan pendekatan formal seperti pengiriman surat ke sekolah-sekolah dengan pendekatan informal berbasis promosi antar pelajar dan pemanfaatan media sosial, (3) Implementasi strategi, program “Aksi Kita Oi!” menciptakan lingkungan penyiaran yang inklusif, memperkuat kapasitas pelajar dalam komunikasi publik, serta meningkatkan interaksi digital antara media dan komunitas pelajar. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Radio Benpas Subang tidak hanya berperan sebagai media penyiaran biasa, tetapi juga menjalankan fungsi sosial sebagai ruang pembelajaran dan keterlibatan bagi komunitas pelajar. Program “Aksi Kita Oi!” menunjukkan bagaimana media lokal dapat membangun hubungan yang dekat dan bermakna dengan audiens muda melalui pendekatan edukatif, partisipatif, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi komunikasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Community Relations; Perencanaan Strategis; Radio Lokal; Aksi Kita Oi; Pelajar |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Social Groups Communities Communities > Specific Kinds of Communities |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Wila Azzahra |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 06:53 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 06:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |