Perencanaan strategis Community Relations Radio Benpas Subang pada program siaran "Aksi Kita Oi!" dikalangan pelajar

Azzahra, Wila (2025) Perencanaan strategis Community Relations Radio Benpas Subang pada program siaran "Aksi Kita Oi!" dikalangan pelajar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_LEMBAR BEBAS PLAGIARISME.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_BAB I.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB) | Request a copy

Abstract

Community relations merupakan bagian dari praktik public relations yang menekankan keterlibatan aktif antara organisasi dan komunitasnya untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan. Radio Benpas Subang memanfaatkan pendekatan ini melalui program “Aksi Kita Oi!”, sebuah inisiatif siaran interaktif yang mengundang partisipasi langsung dari pelajar tingkat SMA/SMK di wilayah Kabupaten Subang. Program ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana edukatif, tetapi juga sebagai strategi komunikasi yang membangun loyalitas komunitas, memperkuat posisi media di tengah gempuran digital, dan membentuk citra sebagai media milik pemerintah yang relevan bagi generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan strategis community relations yang dilakukan oleh Radio Benpas Subang pada program “Aksi Kita Oi!” dengan menggunakan model perencanaan strategis yang dikemukakan oleh Wendy Robson yang meliputi tiga tahapan: analisis strategi, pemilihan strategi, dan implementasi strategi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan memperoleh data melalui wawancara mendalam dan observasi pasif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan perencanaan strategis dilakukan secara menyeluruh dan berorientasi pada tujuan community relations jangka Panjang yang terdiri atas: (1) Analisis strategi, Radio Benpas Subang mengidentifikasi kebutuhan generasi Z terhadap media ekspresif dan edukatif berbasis komunitas, (2) Pemilihan strategi, radio memadukan pendekatan formal seperti pengiriman surat ke sekolah-sekolah dengan pendekatan informal berbasis promosi antar pelajar dan pemanfaatan media sosial, (3) Implementasi strategi, program “Aksi Kita Oi!” menciptakan lingkungan penyiaran yang inklusif, memperkuat kapasitas pelajar dalam komunikasi publik, serta meningkatkan interaksi digital antara media dan komunitas pelajar. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Radio Benpas Subang tidak hanya berperan sebagai media penyiaran biasa, tetapi juga menjalankan fungsi sosial sebagai ruang pembelajaran dan keterlibatan bagi komunitas pelajar. Program “Aksi Kita Oi!” menunjukkan bagaimana media lokal dapat membangun hubungan yang dekat dan bermakna dengan audiens muda melalui pendekatan edukatif, partisipatif, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi komunikasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Community Relations; Perencanaan Strategis; Radio Lokal; Aksi Kita Oi; Pelajar
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Groups
Communities
Communities > Specific Kinds of Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Wila Azzahra
Date Deposited: 25 Jul 2025 06:53
Last Modified: 25 Jul 2025 06:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113447

Actions (login required)

View Item View Item