Respon siswa terhadap penerapan kurikulum merdeka dan hubungannya dengan kreativitas Belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Shad, Philio Muhamad Kafhaya Ngain (2025) Respon siswa terhadap penerapan kurikulum merdeka dan hubungannya dengan kreativitas Belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text ((COVER))
1_cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai kurangnya kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Berdasarkan observasi masih ditemukan siswa yang menunjukkan rendahnya tingkat kreativitas dalam pembelajaran PAIBP contohnya siswa lebih memilih membuat rangkuman biasa dari pada mengekspresikan nilai-nilai Islam melalui media kreatif seperti vlog video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas respon siswa terhadap penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAIBP di kelas X SMA PGRI 3 Kota Bandung, 2) Realitas kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP di kelas X SMA PGRI 3 Kota Bandung dan 3) Hubungan respon siswa terhadap penerapan kurikulum Merdeka dengan kreativitas belajar mereka pada mata pelajaran PAIBP di kelas X SMA PGRI 3 Kota Bandung. Penelitian ini berangkat dari teori respon siswa adalah reaksi positif terhadap proses pembelajaran yang sering kali menandakan ketertarikan atau kepuasan. Respon siswa yang positif, baik secara kognitif, afektif, maupun konatif, menjadi dasar bagi tumbuhnya kreativitas belajar. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin positif respon siswa terhadap penerapan kurikulum merdeka maka akan semakin tinggi pula kreativitas belajar mereka pada mata pelajaran PAIBP di kelas X SMA PGRI 3 Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sumber penelitian adalah siswa kelas X SMA PGRI 3 Kota Bandung dengan populasi 258 siswa dan sampel 39 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian melalui angket, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini dengan analisis deskriptif, uji valditas angket, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi sederhana dan uji korelasi. Hasil penelitian ini menunjukan : 1) Realitas respon siswa kelas X SMA PGRI 3 Kota Bandung terhadap penerapan kurikulum merdeka termasuk pada kategori Positif dengan nilai rata rata skor sebesar 3,86 yang berada pada interval 3,51- 4,5. 2) Realitas kreativitas belajar siswa kelas X SMA PGRI 3 Kota Bandung pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti termasuk pada kategori Tinggi dengan nilai rata-rata skor 3,73 yang berada pada interval 3,51- 4,5 dan 3) Realitas Hubungan respon siswa terhadap penerapan kurikulum merdeka dengan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP di kelas X SMA PGRI 3 Kota Bandung adalah (a) termasuk pada tingkat korelasi sangat kuat dengan arah yang positif. Hal ini berdasarkan perolehan skor 0,917 yang berada pada interval 0,81 - 1,00 (b) Hipotesis diterima artinya semakin positif respon siswa terhadap penerapan kurikulum merdeka maka semakin tinggi kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP di kelas X SMA PGRI 3 Kota Bandung berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh rhitung (0,917) > rtabel (0,320). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan respon siswa terhadap penerapan kurikulum merdeka dengan kreativitas belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas X SMA PGRI 3 Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Respon Siswa; Penerapan Kurikulum Merdeka; Kreativitas Belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Causation
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Private Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Philio Muhamad Kafhaya Ngain Shad
Date Deposited: 29 Jul 2025 06:44
Last Modified: 29 Jul 2025 06:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113475

Actions (login required)

View Item View Item