rozi, muhammad fachrur (2025) Pembelajara Pendidikan Agama Islam kontekstual berbasis media animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa: Penelitian quasi-experiment pada kelas VII siswa SMP Al-Amanah Cileunyi, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
3_Skbebasplagiarism.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (517kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (852kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VII SMP Al-Amanah Bandung. Berdasarkan data yang tersedia, hanya 30% siswa yang memperoleh nilai baik, 20% mencapai ambang batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai KKm sebesar 75, dan sisanya, yaitu 50%, masih berada di bawah standar tersebut. Situasi ini menunjukkan adanya permasalahan signifikan dalam proses pembelajaran. Salah satu penyebab utama yang diduga adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang interaktif dan tidak mampu mendorong minat serta partisipasi aktif siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan inovatif dalam pembelajaran, terutama melalui metode yang lebih kontekstual dan penggunaan media yang menarik, agar dapat meningkatkan keterlibatan siswa serta hasil belajar mereka secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan hasil belajar PAI siswa antara kelas kontrol dengan metode ceramah dan kelas eksperimen yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis media animasi. CTL dipilih karena dinilai lebih interaktif, kontekstual, dan mampu meningkatkan pemahaman serta keterlibatan siswa. Penelitian ini juga menilai efektivitas media animasi dalam mendukung pembelajaran yang bermakna dan menarik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi-experimental jenis one group pretest-posttest. Subjek penelitian kelas VII B terdiri dari 31 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda, sementara analisis data melibatkan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, serta uji paired sample t-test menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 5,05 (kategori rendah), sedangkan nilai posttest meningkat menjadi 8,48 (kategori sangat tinggi). Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang menunjukkan adanya perbandingan hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang signifikan antara penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode ceramah. Dengan demikian, dapat disimpulkan Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VII SMP Al-Amanah melalui metode Contextual Teaching and Learning (CTL) yang didukung media animasi. Hasil uji-t memperlihatkan nilai signifikansi yang didapat adalah 0,000. Karena nilai probabilitas tersebut berada lebih kecil dari pada 0,5 maka dapat disimpulkan, terdapat perbandingan peningkatan hasil belajar PAI yang signifikan metode kontekstual (CTL) Contextual Teaching and Learning dengan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Kontekstual; Media Animasi; Hasil Belajar |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Education > Ethical Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fachrur Rozi Ozzi |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 02:49 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 02:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113517 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |