A'bdulloh Gymnastiar, Muhammad Hilma (2025) Aktivitas belajar siswa menggunakan media pembelajaran flipbook hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian korelasi pada kelas IX-C Smp Al-Amanah Cileunyi, Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
3_suratpernyataankaryasendiri.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab 1.pdf Download (322kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berdasarkan permasalahan rendahnya motivasi belajar siswa. Mestinya dalam proses pembelajaran, partisipasi siswa dalam proses pembelajaran aktif, namun pada kenyataannya partispasi siswa disini kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa menggunakan media pembelajaran flipbook dan motivasi belajar siswa pada mata pelajarn PAI, serta hubungan aktivitas belajar siswa menggunakan media pembelajaran flipbook dengaan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas IX-C SMP Al-Amanah Cileunyi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Pada penelitian ini menggunakan dua varaibel, yaitu variabel X aktivitas belajar siswa menggunakan media pembelajaran flipbook yang meliputi tujuh indikator, yaitu : indikator visual, lisan, mendengarkan, menulis, motorik, mental dan emosional. Sementara itu, variabel Y motivasi belajar siswa dengan enam indikator, yaitu : hasrat dan keinginan untuk belajar, dorongan dan kebutuhan dalam belajar, harapan dan cita-cita masa depan, penghargan dalam belajar, kegiatan yang menarik dan lingkungan belajar yang kondusif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket terhadap seluruh siswa kelas IX-C sebagai sampel penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa menggunakan media pembelajaran flipbook berada pada kategori tinggi. Motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi. Dan terdapat adanya hubungan yang positif dan signifikan antara aktivtas belajar siswa menggunakan media pembelajaran flipbook dengan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis persial perindikator pada variabel X yaitu sebesar 3,81 dan variabel Y sebesar 4,18. Kemudian hasil dari model regresi linear Ŷ = 19,737 + 0,832X dan nilai t-hitung pada uji regresi linear sebesar 4,303 serta nilai signifikansi (Sig.) 0,000. Selain itu dibuktikan juga dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,481, yang mengindikasikan 48,1% variasi motiasi belajar siswa dipengaruhi oleh aktivitas belajar menggunakan media flipbook. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan dari dua variabel tersebut. Sehingga semakin tinggi aktivitas belajar siswa menggunakan media pembelajaran flipbook, maka semakin tinggi pula motivasi belajar mereka dalam mengikuti mata pelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivita Belajar; Media Flipbook; Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education Education Adult Education > Adult Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Hilma |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:25 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113565 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |