Pengaruh penerapan metode struktural, analitik dan sintetik berbasis Direct Instruction terhadap kemampuan menulis Al-Qur’an siswa pada muatan lokal baca tulis Al-Qur’an: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Plus Al-Amanah Dayeuhkolot Kabupaten Bandung

Sinaga, Muhammad Arsal (2025) Pengaruh penerapan metode struktural, analitik dan sintetik berbasis Direct Instruction terhadap kemampuan menulis Al-Qur’an siswa pada muatan lokal baca tulis Al-Qur’an: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Plus Al-Amanah Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis Al-Qur’an di SMP Plus Al-Amanah Dayeuhkolot. Kondisi ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan kurang responsif terhadap kebutuhan siswa. Idealnya, metode yang terstruktur dan terarah sangat dibutuhkan dalam pembelajaran Al-Qur’an khususnya pada kemampuan menulis. Untuk itu, peneliti menggunakan metode Struktural, Analitik dan Sintetik berbasis Direct Instruction. Tujuan dari kajian ini untuk mengetahui: 1) Proses pembelajaran menggunakan metode Struktural, Analitik dan Sintetik berbasis Direct Instruction pada muatan lokal Baca Tulis Al-Qur’an di Kelas VIII A SMP Plus Al-Amanah Dayeuhkolot. 2) Kemampuan menulis Al-Qur’an siswa di Kelas VIII A dan B SMP Plus Al-Amanah Dayeuhkolot sebelum dan sesudah menggunakan metode Struktural, Analitik dan Sintetik berbasis Direct Instruction pada muatan lokal Baca Tulis Al-Qur’an. 3) Pengaruh penerapan metode Struktural, Analitik dan Sintetik berbasis Direct Instruction terhadap kemampuan menulis Al-Qur’an siwa kelas VIII A SMP Plus Al-Amanah Dayeuhkolot. Penelitian ini didukung oleh teori Gestalt dan Vygotsky. Metode Struktural, Analitik, dan Sintetik yang dipadukan dengan pendekatan Direct Instruction berpotensi memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan menulis Al-Qur’an siswa. Berdasarkan landasan tersebut, diajukan hipotesis bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode SAS berbasis Direct Instruction terhadap kemampuan menulis Al-Qur’an siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode quasi eksperimen, dengan desain nonequivalent control group. Sampel yang terlibat dalam penelitian berjumlah 54 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan pemberian tes. Untuk menganalisis data, peneliti melakukan uji validitas dan reliabilitas, analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan uji Independent T-Test. Berdasarkan hasil penelitian, temuan ini menunjukkan penerapan metode Struktural, Analitik dan Sintetik berbasis Direct Instruction berpengaruh pada kemampuan menulis Al-Qur’an siswa. Hasil pretest dan posttest menujukkan rata-rata skor tes kemampuan menulis Al-Qur’an siswa kelas eksperimen meningkat 71%, yakni sebesar 48 sebelum perlakuan dan meningkat menjadi 85 setelah perlakuan. Sebaliknya, kelas kontrol yang tetap menggunakan model konvensional hanya mengalami peningkatan 21%, dari 40 menjadi 53. Uji Independent memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Struktural; nalitik dan Sintetik; Direct Instruction; Kemampuan Menulis Al-Qur’an
Subjects: Islam
Islam > Koran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Arsal Sinaga
Date Deposited: 28 Jul 2025 06:58
Last Modified: 28 Jul 2025 07:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113567

Actions (login required)

View Item View Item