Parida, Ida (2025) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media Teka-Teki Silang (TTS) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (432kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan BP berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada siswa SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan BP, peneliti menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media TTS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Motivasi belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media TTS pada mata pelajaran PAI dan BP di kelas VIII SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru; 2) Proses penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media TTS pada mata pelajaran PAI dan BP; 3) Peningkatan motivasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media TTS pada mata pelajaran PAI dan BP. Motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran yang menekankan keterlibatan aktif, pemecahan masalah, dan media pembelajaran yang menarik. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah: penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media teka-teki silang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan BP di kelas VIII SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen melalui desain Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media TTS diperoleh nilai rata-rata sebesar 67 dengan katagori rendah. 2) Proses penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media TTS mencapai tingkat keberhasilan sebesar 93,75 % dengan kriteria sangat tinggi. 3) Terdapat peningkatan motivasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media TTS dengan nilai N-Gain sebesar 0,53 dengan katagori sedang. Sementara itu nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,30 dengan katagori rendah. Uji hipotesis nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media teka-teki silang (TTS) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan BP di kelas VIII SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning; Teka-Teki Silang; Motivasi Belajar |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ida Parida |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:24 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |