Pengembangan E-modul interaktif berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) dengan integrasi nilai-nilai agama untuk meningkatkan literasi matematis peserta didik

Putri, Della Pitriani (2025) Pengembangan E-modul interaktif berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) dengan integrasi nilai-nilai agama untuk meningkatkan literasi matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAK KETERANGAN CEK PLAGIARISME)
3_Surat Keterangan Cek Plagiarisme.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
9_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Di era digital, tantangan pembelajaran bukan hanya terletak pada penyampaian materi, tetapi juga pada bagaimana materi tersebut dikemas agar bermakna dan relevan bagi peserta didik. Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, dipadukan dengan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) dengan integrasi nilai-nilai agama untuk meningkatkan literasi matematis, menjadi strategi potensial untuk meningkatkan kualitas pemahaman peserta didik, khususnya dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menilai kelayakan e-modul interaktif berbasis STEAM dengan integrasi nilai-nilai agama untuk meningkatkan literasi matematis peserta didik pada materi statistika. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul interaktif yang telah dikembangkan sangat valid berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi. Selain itu, uji kepraktisan oleh peserta didik menunjukkan kategori sangat praktis pada uji skala kecil dan uji skala besar, kemudian diperoleh efektivitas dengan kriteria efektif pada uji skala kecil dan uji coba skala besar dengan kriteria sangat efektif. Dengan demikian, e-modul ini dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran matematika yang interaktif, inovatif, kontekstual, dan berlandaskan pada nilai-nilai keagamaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-modul Interaktif; STEAM; Integrasi Nilai-Nilai Agama; Kemampuan Literasi Matematis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Education, Research
Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Della Sutrisno
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:17
Last Modified: 30 Jul 2025 06:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113669

Actions (login required)

View Item View Item