Putri, Della Pitriani (2025) Pengembangan E-modul interaktif berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) dengan integrasi nilai-nilai agama untuk meningkatkan literasi matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text (SURAK KETERANGAN CEK PLAGIARISME)
3_Surat Keterangan Cek Plagiarisme.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf Download (628kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Di era digital, tantangan pembelajaran bukan hanya terletak pada penyampaian materi, tetapi juga pada bagaimana materi tersebut dikemas agar bermakna dan relevan bagi peserta didik. Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, dipadukan dengan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) dengan integrasi nilai-nilai agama untuk meningkatkan literasi matematis, menjadi strategi potensial untuk meningkatkan kualitas pemahaman peserta didik, khususnya dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menilai kelayakan e-modul interaktif berbasis STEAM dengan integrasi nilai-nilai agama untuk meningkatkan literasi matematis peserta didik pada materi statistika. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul interaktif yang telah dikembangkan sangat valid berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi. Selain itu, uji kepraktisan oleh peserta didik menunjukkan kategori sangat praktis pada uji skala kecil dan uji skala besar, kemudian diperoleh efektivitas dengan kriteria efektif pada uji skala kecil dan uji coba skala besar dengan kriteria sangat efektif. Dengan demikian, e-modul ini dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran matematika yang interaktif, inovatif, kontekstual, dan berlandaskan pada nilai-nilai keagamaan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul Interaktif; STEAM; Integrasi Nilai-Nilai Agama; Kemampuan Literasi Matematis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Education, Research Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Della Sutrisno |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 06:17 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 06:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113669 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |