Pembuatan media pembelajaran berbasis Virtual Reality menggunakan MilleaLab pada konsep teori asam basa

Pradana, Hilman Nurhakim (2025) Pembuatan media pembelajaran berbasis Virtual Reality menggunakan MilleaLab pada konsep teori asam basa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pembuatan media pembelajaran berbasis virtual reality (VR) menggunakan MilleaLab pada Konsep teori asam basa bertujuan untuk menganalisis hasil angket kebutuhan, hasil uji validasi, hasil uji kelayakan, serta mendeskripsikan tampilan media pembelajaran berbasis virtual reality pada konsep teori asam basa. Penelitian ini menggunakan metode design-based research (DBR) dengan model ADDIE analysis, design, dan development. Instrumen yang digunakan yaitu melakukan observasi dengan angket kebutuhan, pembuatan analisis dan peta konsep pada tahap analysis. Pembuatan flowchart, storyboard, dan buku petunjuk penggunaan media pada tahap design. Serta pembuatan media pembelajaran berbasis VR, uji validasi, dan uji kelayakan pada tahap development. Hasil angket kebutuhan siswa didapatkan 88% siswa membutuhkan media yang menarik dan 96% siswa bersedia mengikuti pembelajaran berbasis VR jika disediakan. Hasil validasi pada aspek pembelajaran, substansi materi, tampilan dan navigasi, serta evaluasi mendapat nilai berturut-turut 0,92; 0,93; 0,93; 0,96. Adapun hasil uji kelayakan didapatkan persentase sebesar 94%, 89%, 94%, dan 96% pada aspek penyajian isi materi, tampilan dan navigasi, efisiensi, dan efektivitas. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji kelayakan maka media pembelajaran yang dibuat dapat dinyatakan valid dan sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar materi teori asam basa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; virtual reality; teori asam basa
Subjects: Education > Miscellany of Education
Procedures, Equipment of Chemistry
Computer Arts, Digital Arts
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Hilman Nurhakim Pradana
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:41
Last Modified: 30 Jul 2025 06:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113679

Actions (login required)

View Item View Item