Pradana, Hilman Nurhakim (2025) Pembuatan media pembelajaran berbasis Virtual Reality menggunakan MilleaLab pada konsep teori asam basa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (802kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (299kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Pembuatan media pembelajaran berbasis virtual reality (VR) menggunakan MilleaLab pada Konsep teori asam basa bertujuan untuk menganalisis hasil angket kebutuhan, hasil uji validasi, hasil uji kelayakan, serta mendeskripsikan tampilan media pembelajaran berbasis virtual reality pada konsep teori asam basa. Penelitian ini menggunakan metode design-based research (DBR) dengan model ADDIE analysis, design, dan development. Instrumen yang digunakan yaitu melakukan observasi dengan angket kebutuhan, pembuatan analisis dan peta konsep pada tahap analysis. Pembuatan flowchart, storyboard, dan buku petunjuk penggunaan media pada tahap design. Serta pembuatan media pembelajaran berbasis VR, uji validasi, dan uji kelayakan pada tahap development. Hasil angket kebutuhan siswa didapatkan 88% siswa membutuhkan media yang menarik dan 96% siswa bersedia mengikuti pembelajaran berbasis VR jika disediakan. Hasil validasi pada aspek pembelajaran, substansi materi, tampilan dan navigasi, serta evaluasi mendapat nilai berturut-turut 0,92; 0,93; 0,93; 0,96. Adapun hasil uji kelayakan didapatkan persentase sebesar 94%, 89%, 94%, dan 96% pada aspek penyajian isi materi, tampilan dan navigasi, efisiensi, dan efektivitas. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji kelayakan maka media pembelajaran yang dibuat dapat dinyatakan valid dan sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar materi teori asam basa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran; virtual reality; teori asam basa |
Subjects: | Education > Miscellany of Education Procedures, Equipment of Chemistry Computer Arts, Digital Arts |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Hilman Nurhakim Pradana |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 06:41 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 06:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113679 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |