Sadiyah, Milatus (2025) Hubungan komunikasi interpersonal kepala madrasah dengan kepuasan kerja guru di MTs Adawiyyah Al-Mubarroq. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
3_lembarpernyataankaryasendiri.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (284kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kepala madrasah memegang peran penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif melalui komunikasi interpersonal yang efektif. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa belum seluruh guru merasakan kepuasan dalam melaksanakan tugasnya, yang dapat disebabkan oleh pola komunikasi yang kurang terbuka dan tidak merata dari pihak kepala madrasah. Komunikasi interpersonal yang dimaksud dalam penelitian ini mencakup keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan. Adapun kepuasan kerja guru mencakup indikator pekerjaan itu sendiri, gaji, promosi, supervisi, dan rekan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal kepala madrasah di MTs Adawiyyah Al-Mubarroq, mengetahui kepuasan kerja guru di MTs Adawiyyah Al-Mubarroq, serta menganalisis hubungan antara komunikasi interpersonal kepala madrasah dengan kepuasan kerja guru. Berdasarkan kerangka pemikiran, hipotesis yang diajukan yaitu Ha: terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal kepala madrasah dengan kepuasan kerja guru, sedangkan H0: tidak terdapat hubungan antara keduanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket berskala Likert kepada 35 responden guru. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis statistik deskriptif, analisis parsial per indikator, uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi Pearson, dan uji koefisien determinasi yang diolah menggunakan SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan variabel Komunikasi Interpersonal sebesar 3,46, termasuk dalam kategori “Tinggi”, dan Kepuasan Kerja Guru sebesar 3,43 yang juga berada pada kategori “Tinggi”. Uji korelasi Pearson menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (< 0,05), sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal kepala madrasah dengan kepuasan kerja guru. Koefisien Determinasi sebesar 0,896 menunjukkan hubungan yang kuat dan positif. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,802, yang berarti bahwa komunikasi interpersonal kepala madrasah memberikan kontribusi sebesar 80,2% terhadap kepuasan kerja guru, sedangkan 19,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal; Kepala Madrasah; Kepuasan Kerja Guru |
Subjects: | Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology Education General Management General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | MIlatus Sadiyah Sadiyah |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 02:47 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 02:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |