Penerapan strategi pembelajaran Critical Incident berbantuan film untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung

Lisdiawati, Herna (2025) Penerapan strategi pembelajaran Critical Incident berbantuan film untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarisim.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) di kelas VII SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung. Hal itu terlihat dari kondisi kelas yang kurang kondusif selama proses pembelajaran dilaksanakan. Seperti banyaknya siswa yang tampak tidak memperhatikan guru saat sedang menjelaskan pelajaran, dengan beberapa diantaranya terlihat mengantuk atau bahkan tidur di kelas. Untuk mengatasi hal tersebut, guru perlu menyusun kembali strategi pembelajaran yang dapat membantu menarik minat dan fokus siswa dalam belajar. Salah satunya dengan menerapkan strategi pembelajaran critical incident dengan melalui media audiovisual seperti film. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan strategi pembelajaran critical incident berbantuan film pada mata pelajaran PAIBP di kelas VII SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung. (2) mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP di kelas VII SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung dan (3) mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran critical incident berbantuan film pada mata pelajaran PAIBP di kelas VII SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Kuasi Eksperimen dengan bentuk Nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket minat belajar dan dokumentasi. Adapun analisis hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Samples t- Test, dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan strategi pembelajaran critical incident berbantuan film pada mata pelajaran PAIBP di kelas VII SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung terlaksana dengan sangat baik. Hal ini berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan aktivitas guru diperoleh rata- rata sebesar 95% yang termasuk pada kategori “Sangat Baik”. Hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata- rata sebesar 85% yang termasuk pada kategori “Baik”. (2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP di kelas VII SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung, pada kelas eksperimen (VII J) termasuk dalam kategori “tinggi” dengan rata- rata skor angket 91,80, sedangkan pada kelas kontrol (VII I) termasuk dalam kategori “sedang” dengan rata- rata skor angket 77 dan (3) Terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran critical incident berbantuan film terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP di kelas VII SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung. Hal ini berdasarkan analisis hipotesis pada kedua kelompok menggunakan uji Independent Sample t-Test yakni diperoleh hasil 0,000.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran; critical incident; film; minat belajar
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Herna Herna Lisdiawati
Date Deposited: 30 Jul 2025 02:04
Last Modified: 30 Jul 2025 02:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113707

Actions (login required)

View Item View Item