Bimbingan konseling untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa: Studi deskriptif di Madrasah Tsanawiyah Husnul Khotimah 2 Kuningan

Huda, Jihan Nurul (2025) Bimbingan konseling untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa: Studi deskriptif di Madrasah Tsanawiyah Husnul Khotimah 2 Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FIKS PLAGIARISME MUNA.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan salah satu bentuk hambatan belajar yang signifikan dan berdampak pada penurunan prestasi akademik serta kesejahteraan psikologis siswa (Steel, 2007; Ferrari, 2010). Perilaku ini mencerminkan kebiasaan menunda tugas secara sadar. Untuk menjawab permasalahan ini, layanan bimbingan konseling hadir sebagai upaya sistematis dalam membantu siswa mengenali dan mengatasi prokrastinasi akademik melalui pendekatan yang terarah dan berkelanjutan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui program bimbingan konseling yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Husnul Khotimah 2 Kuningan, mengidentifikasi serta menggambarkan proses pelaksanaan bimbingan konseling untuk mengurangi prokrastinasi akademik yang dialami siswa, serta menjelaskan hasil dari penerapan layanan bimbingan konseling dalam mengurangi prokrastinasi akademik tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif karena metode ini memungkinkan peneliti untuk memahami secara mendalam tarkait fenomena prokrastinasi akademik yang terjadi pada siswa secara kontekstual. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan triangulasi sumber sebagai teknik keabsahan data. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian meliputi bimbingan konseling Islam, teori konseling humanistik, dan Cognitive Behavioral Therapy (CBT). Pendekatan bimbingan konseling Islam berperan dalam membentuk karakter disiplin siswa melalui nilai-nilai Islami. Teori konseling humanistik menekankan pada pentingnya memahami kondisi psikologis untuk membangun kesadaran diri siswa. Sementara itu, CBT membantu siswa mengganti pola pikir negatif yang memicu perilaku menunda dengan strategi manajemen diri yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses bimbingan konseling di MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan, yang meliputi konseling individu, konseling kelompok, dan program klinik belajar, memberikan dampak positif dalam mengurangi prokrastinasi akademik pada sebagian siswa. Namun demikian, untuk memperoleh hasil yang lebih optimal diperlukan peningkatan dalam pengawasan, pemberian motivasi yang lebih intensif dalam mendukung proses pembelajaran siswa. Selain itu, pengembangan program-program bimbingan yang lebih inovatif dan aplikatif menjadi faktor penting agar siswa dapat lebih antusias dan berpartisipasi aktif dalam mengatasi kebiasaan menunda-nunda tugas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan konseling; prokrastinasi akademik; siswa
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Services of Mental Illness
Education > Psychology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Jihan Nurul Huda
Date Deposited: 01 Aug 2025 07:18
Last Modified: 01 Aug 2025 07:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113837

Actions (login required)

View Item View Item