Penerapan metode timeline berbantu media board game untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VII-A di Mts Kifayatul Achyar Kota Bandung

Mardliyah, Siti Ainulhuda (2025) Penerapan metode timeline berbantu media board game untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VII-A di Mts Kifayatul Achyar Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pernyataan Karya Sendiri_Siti Ainulhuda Mardliyah.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung. Berdasarkan studi pendahuluan melalui observasi awal dan wawancara dengan guru mata pelajaran SKI, diketahui bahwa motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) masih tergolong rendah. Kurangnya variasi dalam metode dan media pembelajaran menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode timeline berbantu media board game pada mata pelajaran SKI di kelas VII-A MTs Kifayatul Achyar. (2) Mengetahui motivasi belajar siswa sesudah menggunakan metode timeline berbantu media board game pada mata pelajaran SKI di kelas VII-A MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung. Motivasi belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh penerapan metode dan media pembelajaran. Metode timeline dipilih karena mampu membantu siswa memahami materi sejarah secara runtut dan kronologis, sedangkan media board game digunakan sebagai alat bantu pembelajaran yang bersifat interaktif dan menyenangkan. Metode timeline berbantu media board game diasumsikan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, baik dari aspek intrinsik maupun ekstrinsik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, menggunakan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan metode timeline berbantu media board game, sementara kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode timeline berbantu media board game terlaksana dengan sangat baik, berdasarkan pada hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dengan skor rata-rata 87,5%. (2) Motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen setelah diberikannya perlakuan berada pada kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata motivasi belajar sebesar 85,46. Peningkatan motivasi belajar di kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 0,39 dengan kategori “Sedang” berdasarkan perhitungan uji N-Gain. Dan berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, metode timeline berbantu board game dinilai efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Timeline: Media Board Game; Motivasi Belajar
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ainulhuda Mardliyah
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:52
Last Modified: 04 Aug 2025 02:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113918

Actions (login required)

View Item View Item