Mardliyah, Siti Ainulhuda (2025) Penerapan metode timeline berbantu media board game untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VII-A di Mts Kifayatul Achyar Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pernyataan Karya Sendiri_Siti Ainulhuda Mardliyah.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (364kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung. Berdasarkan studi pendahuluan melalui observasi awal dan wawancara dengan guru mata pelajaran SKI, diketahui bahwa motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) masih tergolong rendah. Kurangnya variasi dalam metode dan media pembelajaran menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode timeline berbantu media board game pada mata pelajaran SKI di kelas VII-A MTs Kifayatul Achyar. (2) Mengetahui motivasi belajar siswa sesudah menggunakan metode timeline berbantu media board game pada mata pelajaran SKI di kelas VII-A MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung. Motivasi belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh penerapan metode dan media pembelajaran. Metode timeline dipilih karena mampu membantu siswa memahami materi sejarah secara runtut dan kronologis, sedangkan media board game digunakan sebagai alat bantu pembelajaran yang bersifat interaktif dan menyenangkan. Metode timeline berbantu media board game diasumsikan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, baik dari aspek intrinsik maupun ekstrinsik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, menggunakan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan metode timeline berbantu media board game, sementara kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode timeline berbantu media board game terlaksana dengan sangat baik, berdasarkan pada hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dengan skor rata-rata 87,5%. (2) Motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen setelah diberikannya perlakuan berada pada kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata motivasi belajar sebesar 85,46. Peningkatan motivasi belajar di kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 0,39 dengan kategori “Sedang” berdasarkan perhitungan uji N-Gain. Dan berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, metode timeline berbantu board game dinilai efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Timeline: Media Board Game; Motivasi Belajar |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ainulhuda Mardliyah |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:52 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113918 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |