Pengaruh penerapan model Discovery Learning berbantuan Math Bingo terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self Efficacy peserta didik

Marcharis, Tasya Hasanah (2025) Pengaruh penerapan model Discovery Learning berbantuan Math Bingo terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self Efficacy peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Matematika adalah ilmu dasar penting yang mendukung perkembangan teknologi serta kemampuan berpikir kritis, logis, dan sistematis. Namun, banyak siswa masih menganggapnya sulit dan membosankan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan Math Bingo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group, melibatkan dua kelas VII di salah satu MTs di Kabupaten Bandung, masing-masing 20 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pemecahan masalah dengan validitas dan reliabilitas tinggi, serta angket self efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang memperoleh model discovery learning berbantuan math bingo meningkat secara signifikan dibandingkan peserta didik yang menerapkan pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menerapkan model Discovery learning berbantuan Math Bingo meningkat secara signifikan dibandingkan peserta didik yang menerapkan pembelajaran konvensional, dan (3) Self efficacy peserta didik sesudah pembelajaran matematika yang menggunakan model Discovery learning berbantuan Math Bingo menunjukkan tingkat Self efficacy yang positif. Temuan ini menunjukkan bahwa model discovery learning berbantuan Math Bingo efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy peserta didik. Penerapan media berbasis permainan interaktif seperti Math Bingo dapat menjadi alternatif pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna di era digital saat ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning; Math Bingo; Pemecahan Masalah Matematis, Self efficacy
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Tasya Sa Marcharis
Date Deposited: 04 Aug 2025 01:49
Last Modified: 04 Aug 2025 01:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113970

Actions (login required)

View Item View Item