Pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantu media mind mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Studi quasy eksperiment pada siswa kelas VIII SMPN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung

Maysa, Alifah Chintia (2025) Pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantu media mind mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Studi quasy eksperiment pada siswa kelas VIII SMPN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover..pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
10_Surat Pernyataan Karya Sendiri.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) berbantu media Mind Mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh dominannya penggunaan metode pembelajaran konvensional, seperti ceramah, yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pre-test dan post-test dengan soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t, dan N-Gain untuk melihat peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PJBL berbantu media Mind Mapping berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 3,039 > ttabel 2,000. Selain itu, rata-rata hasil post-test kelas eksperimen mencapai 81 dengan semua siswa dinyatakan tuntas, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai rata-rata 69. Dengan demikian, model pembelajaran Project Based Learning berbantu media Mind Mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI BP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning; Mind Mapping; Hasil Belajar Kognitif; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alifah Chintia Maysa
Date Deposited: 07 Aug 2025 01:19
Last Modified: 07 Aug 2025 01:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114261

Actions (login required)

View Item View Item