Maysa, Alifah Chintia (2025) Pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantu media mind mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Studi quasy eksperiment pada siswa kelas VIII SMPN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover..pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
10_Surat Pernyataan Karya Sendiri.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (423kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) berbantu media Mind Mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh dominannya penggunaan metode pembelajaran konvensional, seperti ceramah, yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pre-test dan post-test dengan soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t, dan N-Gain untuk melihat peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PJBL berbantu media Mind Mapping berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 3,039 > ttabel 2,000. Selain itu, rata-rata hasil post-test kelas eksperimen mencapai 81 dengan semua siswa dinyatakan tuntas, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai rata-rata 69. Dengan demikian, model pembelajaran Project Based Learning berbantu media Mind Mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI BP.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning; Mind Mapping; Hasil Belajar Kognitif; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Alifah Chintia Maysa |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 01:19 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 01:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114261 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |