Nabawi, Moh Zidan (2025) Penerapan model SAVI (Somatic, Auditory, Visuallization, Intellectual) berbantuan PhET dan aktivitas fisik pada materi bentuk molekul untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (627kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dalam penerapan model SAVI, menganalisis peningkatan hasil belajar siswa, dan menganalisis tanggapan siswa setelah menerapkan model SAVI berbantuan PhET dan aktivitas fisik pada materi bentuk molekul. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain one group pretest-posttest. Subyek penelitian inimerupakan siswa kelas XI kimia analisis Sekolah Menengah Kejuruan di Jatinangor, kabupaten Sumedang dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar kerja, perangkat tes kognitif, lembar observasi, dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada penerapan model SAVI terlaksana sesuai tahapan pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 93 kategori sangat baik. Keterlaksanaan aspek SAVI memperoleh rata-rata sebesar 92 dengan kategori sangat baik. Kemampuan dalam menyelesaikan lembar kerja memperoleh nilai rata-rata sebesar 87 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,58 kategori sedang dan menunjukkan bahwa penerapan model SAVI cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang diberikan sebesar 66% menyatakan setuju dengan pembelajaran yang telah dilakukan. Dengan demikian, penerapan model SAVI (Somatic, Auditory, Visuallization, Intellectual) berbantuan PhET dan aktivitas fisik pada materi bentuk molekul cukup efektif digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model SAVI; PhET; aktivitas fisik; bentuk molekul; hasil belajar siswa; |
Subjects: | Systems > Computer Modeling and Simulation Science and Religion Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Organic Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Moh Zidan Nabawi |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 07:28 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 07:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114464 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |