Penerapan model SAVI (Somatic, Auditory, Visuallization, Intellectual) berbantuan PhET dan aktivitas fisik pada materi bentuk molekul untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Nabawi, Moh Zidan (2025) Penerapan model SAVI (Somatic, Auditory, Visuallization, Intellectual) berbantuan PhET dan aktivitas fisik pada materi bentuk molekul untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dalam penerapan model SAVI, menganalisis peningkatan hasil belajar siswa, dan menganalisis tanggapan siswa setelah menerapkan model SAVI berbantuan PhET dan aktivitas fisik pada materi bentuk molekul. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain one group pretest-posttest. Subyek penelitian inimerupakan siswa kelas XI kimia analisis Sekolah Menengah Kejuruan di Jatinangor, kabupaten Sumedang dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar kerja, perangkat tes kognitif, lembar observasi, dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada penerapan model SAVI terlaksana sesuai tahapan pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 93 kategori sangat baik. Keterlaksanaan aspek SAVI memperoleh rata-rata sebesar 92 dengan kategori sangat baik. Kemampuan dalam menyelesaikan lembar kerja memperoleh nilai rata-rata sebesar 87 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,58 kategori sedang dan menunjukkan bahwa penerapan model SAVI cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang diberikan sebesar 66% menyatakan setuju dengan pembelajaran yang telah dilakukan. Dengan demikian, penerapan model SAVI (Somatic, Auditory, Visuallization, Intellectual) berbantuan PhET dan aktivitas fisik pada materi bentuk molekul cukup efektif digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model SAVI; PhET; aktivitas fisik; bentuk molekul; hasil belajar siswa;
Subjects: Systems > Computer Modeling and Simulation
Science and Religion
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Organic Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Moh Zidan Nabawi
Date Deposited: 08 Aug 2025 07:28
Last Modified: 08 Aug 2025 07:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114464

Actions (login required)

View Item View Item