Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantu media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII MTs Cijawura Kota Bandung

Pasir, Suffah Haitam (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantu media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII MTs Cijawura Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peneliti pada saat kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan, yang menemukan bahwa terdapat siswa yang mengalami hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran Akidah Akhlak akibat penerapan model atau metode yang kurang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media wordwall pada mata pelajaran Akidah Akhlak. 2) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw berbantu media Wordwall pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan (3) mengetahui peningkatan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw berbantu media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Berdasarkan penelitian terdahulu yang menjelaskan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis media yang relevan dengan materi dan kondisi lingkungan belajar dapat mengembangkan kemampuan peserta didik, maka konsep berpikir dan hipotesis dalam penelitian ini memproyeksikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen melalui desain nonequivalent groups pretest-posttest control. Objek penelitian ini adalah 46 peserta didik kelas VIII MTs Cijawura Kota Bandung dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS versi 29 melalui tahapan uji prasyarat, N-Gain, dan hipotesis. Uji Shapiro-Wilk digunakan untuk menganalisis normalitas data, Levene Test untuk menganalisis homogenitas data, sedangkan Independent T-Test untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media wordwall terlaksana sangat baik sesuai langkah pembelajaran dengan persentase 89,41% (2) hasil belajar siswa pada kelas eksperimen diperoleh perubahan yang signifikan, dengan rata-rata nilai pre-test 63,91 dan rata-rata nilai posttest 77,17 dan hasil belajar siswa pada kelas kontrol terdapat perubahan, namun kurang maksimal, dengan rata-rata nilai pretest 58,04 dan rata-rata nilai posttest 61,08 (3) terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan yaitu dengan nilai N-Gain kelas eksperimen (0,39) > kelas kontrol (0,10). Hasil uji hipotesis juga menunjukkan nilai sig. (0,001) < α (0,05), Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media wordwall dibandingkan kelompok kontrol yang tidak menggunakannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak; Hasil Belajar; Jigsaw; Wordwall
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Education > Psychology of Education
Education > Sociology of Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Suffah Haitam Pasir
Date Deposited: 11 Aug 2025 01:44
Last Modified: 11 Aug 2025 01:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114489

Actions (login required)

View Item View Item