Pasir, Suffah Haitam (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantu media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII MTs Cijawura Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (207kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peneliti pada saat kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan, yang menemukan bahwa terdapat siswa yang mengalami hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran Akidah Akhlak akibat penerapan model atau metode yang kurang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media wordwall pada mata pelajaran Akidah Akhlak. 2) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw berbantu media Wordwall pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan (3) mengetahui peningkatan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw berbantu media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Berdasarkan penelitian terdahulu yang menjelaskan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis media yang relevan dengan materi dan kondisi lingkungan belajar dapat mengembangkan kemampuan peserta didik, maka konsep berpikir dan hipotesis dalam penelitian ini memproyeksikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen melalui desain nonequivalent groups pretest-posttest control. Objek penelitian ini adalah 46 peserta didik kelas VIII MTs Cijawura Kota Bandung dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS versi 29 melalui tahapan uji prasyarat, N-Gain, dan hipotesis. Uji Shapiro-Wilk digunakan untuk menganalisis normalitas data, Levene Test untuk menganalisis homogenitas data, sedangkan Independent T-Test untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media wordwall terlaksana sangat baik sesuai langkah pembelajaran dengan persentase 89,41% (2) hasil belajar siswa pada kelas eksperimen diperoleh perubahan yang signifikan, dengan rata-rata nilai pre-test 63,91 dan rata-rata nilai posttest 77,17 dan hasil belajar siswa pada kelas kontrol terdapat perubahan, namun kurang maksimal, dengan rata-rata nilai pretest 58,04 dan rata-rata nilai posttest 61,08 (3) terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan yaitu dengan nilai N-Gain kelas eksperimen (0,39) > kelas kontrol (0,10). Hasil uji hipotesis juga menunjukkan nilai sig. (0,001) < α (0,05), Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media wordwall dibandingkan kelompok kontrol yang tidak menggunakannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akidah Akhlak; Hasil Belajar; Jigsaw; Wordwall |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia Education > Psychology of Education Education > Sociology of Education Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Suffah Haitam Pasir |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 01:44 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 01:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114489 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |