Sarah, Siti (2025) Penerapan strategi pembelajaran Peer Lesson berbantuan Aplikasi Mathway untuk meningkatkan kemampuan komputasi matematis dan Self-Confidence siswa: Penelitian kuasi eksperimen di MA Al-Ihsan Ciparay. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
SK CEK PLAGIARISME.pdf Download (763kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (838kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (919kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Sinergi kolaborasi antar siswa dan dukungan teknologi pemecahan masalah matematika berpotensi memperkuat pemahaman konsep serta keterampilan komputasi matematis. Namun rendahnya kemampuan komputasi siswa kerap ditemukan dalam berbagai kajian di bidang pendidikan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas strategi Peer Lesson berbantuan aplikasi Mathway dalam meningkatkan kemampuan komputasi matematis dan self-confidence siswa pada materi perbandingan trigonometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group. Sampel penelitian melibatkan tiga kelas di MA. Al-Ihsan Ciparay, yang terdiri dari kelas X-1, kelas X-2, dan kelas X-3. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komputasi matematis dan angket self-confidence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan pembelajaran strategi Peer Lesson didukung aplikasi Mathway lebih baik daripada siswa yang menggunakan strategi Peer Lesson dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Perbedaan ini berlaku baik untuk peserta didik laki-laki maupun perempuan. Terdapat juga interaksi antara strategi pembelajaran dan faktor gender dalam menentukan peningkatan kemampuan komputasi matematis siswa. Selain itu, peningkatan self-confidence siswa yang menggunakan strategi Peer Lesson berbantuan aplikasi Mathway lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan strategi Peer Lesson tanpa bantuan aplikasi. Dengan demikian, strategi Peer Lesson berbantuan aplikasi Mathway dapat dijadikan rujukan dalam pelatihan guru maupun pengembangan perangkat ajar inovatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komputasi Matematis; Mathway; Strategi Pembelajaran; Peer lesson; Teknologi Pendidikan |
Subjects: | Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Siti Sarah |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 01:54 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 01:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |