Penerapan model FERA (Focus, Explore, Reflect, and Apply) berbantuan Platform Mathigon untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika dan Self-Confidence

N, Fahla Wulan Fauzia. (2025) Penerapan model FERA (Focus, Explore, Reflect, and Apply) berbantuan Platform Mathigon untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika dan Self-Confidence. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
1212050054_Pendidikan Matematika_Cek Plagiasi (1).pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text (BAB IV)
6_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
7_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1212050054_FAHLA WULAN FAUZIA. N-Lampiran (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini dilatabelakangi oleh perlunya peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di SMPN 3 Rancakalong. Model FERA (Focus, Explore, Reflect, and Apply) berbantuan platform Mathigon menjadi alternatif agar siswa merasa nyaman dalam pembelajaran matematika dan menumbuhkan rasa percaya diri yang ada dalam salah satu indikator self-confidence. Tujuan penelitian ini adalah: (a). Untuk mengetahui sintak pembelajaran matematika yang menerapkan model FERA berbantuan platform Mathigon, (b). Untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematika pada siswa dengan menerapkan model FERA berbantuan platform Mathigon lebih baik daripada siswa yang mengimplementasikan pembelajaran konvensional, (c). Untuk mengetahui peningkatan self-confidence pada siswa dengan menerapkan model FERA berbantuan platform Mathigon lebih baik daripada siswa yang mengimplementasikan pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian ini yaitu: (a). Sintaks pembelajaran matematika kelas dengan Model FERA berbantuan platform Mathigon memperoleh presentase dengan kategori baik, (b). Peningkatan kemampuan penalaran matematika antara siswa yang menerapkan model FERA berbantuan platform Mathigon lebih baik daripada siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional, (c). Peningkatan self-confidence antara siswa yang menerapkan model FERA berbantuan platform Mathigon tidak lebih baik secara signifikan daripada siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: FERA; Mathigon; Penalaran Matematika; Self-Confidence
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Mathematics
Mathematics > General Publications of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: fahla Fahla Wulan Fauzia. N
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:41
Last Modified: 11 Aug 2025 02:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114544

Actions (login required)

View Item View Item