N, Fahla Wulan Fauzia. (2025) Penerapan model FERA (Focus, Explore, Reflect, and Apply) berbantuan Platform Mathigon untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika dan Self-Confidence. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
1212050054_Pendidikan Matematika_Cek Plagiasi (1).pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (708kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1212050054_FAHLA WULAN FAUZIA. N-Lampiran (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (24MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatabelakangi oleh perlunya peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di SMPN 3 Rancakalong. Model FERA (Focus, Explore, Reflect, and Apply) berbantuan platform Mathigon menjadi alternatif agar siswa merasa nyaman dalam pembelajaran matematika dan menumbuhkan rasa percaya diri yang ada dalam salah satu indikator self-confidence. Tujuan penelitian ini adalah: (a). Untuk mengetahui sintak pembelajaran matematika yang menerapkan model FERA berbantuan platform Mathigon, (b). Untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematika pada siswa dengan menerapkan model FERA berbantuan platform Mathigon lebih baik daripada siswa yang mengimplementasikan pembelajaran konvensional, (c). Untuk mengetahui peningkatan self-confidence pada siswa dengan menerapkan model FERA berbantuan platform Mathigon lebih baik daripada siswa yang mengimplementasikan pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian ini yaitu: (a). Sintaks pembelajaran matematika kelas dengan Model FERA berbantuan platform Mathigon memperoleh presentase dengan kategori baik, (b). Peningkatan kemampuan penalaran matematika antara siswa yang menerapkan model FERA berbantuan platform Mathigon lebih baik daripada siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional, (c). Peningkatan self-confidence antara siswa yang menerapkan model FERA berbantuan platform Mathigon tidak lebih baik secara signifikan daripada siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | FERA; Mathigon; Penalaran Matematika; Self-Confidence |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Mathematics Mathematics > General Publications of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | fahla Fahla Wulan Fauzia. N |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:41 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |