Pengembangan e-modul berbantuan aplikasi Flip Pdf Builder pada kemampuan berpikir statistik

Nur Kamilah, Evi (2025) Pengembangan e-modul berbantuan aplikasi Flip Pdf Builder pada kemampuan berpikir statistik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak (57).pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Keterangan Cek Plagiarisme.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran (44).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini secara tidak langsung memengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia termasuk dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan sudah seharusnya mengikuti perkembangan zaman yang ada agar pembelajaran di kelas menjadi lebih interaktif. Akan tetapi, kondisi di lapangan menunjukan bahwa pembelajaran di sekolah hanya menggunakan buku fisik atau cetak dan pemanfaatan teknologi khususnya smartphone untuk pembelajaran belum maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul berbantuan aplikasi flip PDF builder pada kemampuan berpikir statistik dilihat dari tingkat validitas, praktikalitas, efektivitas, dan respon siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 3D (define, design, develop) yang dimodifikasi dari model 4D (define, design, develop, disseminate). Sumber data diperoleh dari validator media dan materi, praktisi pendidikan, dan siswa kelas VII E di SMPN 5 Cileunyi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan e-modul berbantuan aplikasi flip PDF builder berjalan dengan baik dan sistematis sesuai dengan tahapan 3D, tingkat validitas memperoleh kriteria sangat valid, praktikalitas memperoleh kriteria praktis, efektivitas memperoleh kriteria tinggi, dan respon siswa memperoleh kriteria sangat baik. Hal itu menunjukan bahwa e-modul berbantuan aplikasi flip PDF builder dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media yang baik untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-modul; kemampuan berpikir statistik; flip PDF builder
Subjects: Mathematics
Applied mathematics > Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Evi Nur Kamilah Evi
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:08
Last Modified: 11 Aug 2025 02:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114560

Actions (login required)

View Item View Item