Nur Kamilah, Evi (2025) Pengembangan e-modul berbantuan aplikasi Flip Pdf Builder pada kemampuan berpikir statistik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak (57).pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
Surat Keterangan Cek Plagiarisme.pdf Download (884kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (434kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB III (1).pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran (44).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi saat ini secara tidak langsung memengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia termasuk dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan sudah seharusnya mengikuti perkembangan zaman yang ada agar pembelajaran di kelas menjadi lebih interaktif. Akan tetapi, kondisi di lapangan menunjukan bahwa pembelajaran di sekolah hanya menggunakan buku fisik atau cetak dan pemanfaatan teknologi khususnya smartphone untuk pembelajaran belum maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul berbantuan aplikasi flip PDF builder pada kemampuan berpikir statistik dilihat dari tingkat validitas, praktikalitas, efektivitas, dan respon siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 3D (define, design, develop) yang dimodifikasi dari model 4D (define, design, develop, disseminate). Sumber data diperoleh dari validator media dan materi, praktisi pendidikan, dan siswa kelas VII E di SMPN 5 Cileunyi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan e-modul berbantuan aplikasi flip PDF builder berjalan dengan baik dan sistematis sesuai dengan tahapan 3D, tingkat validitas memperoleh kriteria sangat valid, praktikalitas memperoleh kriteria praktis, efektivitas memperoleh kriteria tinggi, dan respon siswa memperoleh kriteria sangat baik. Hal itu menunjukan bahwa e-modul berbantuan aplikasi flip PDF builder dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media yang baik untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul; kemampuan berpikir statistik; flip PDF builder |
Subjects: | Mathematics Applied mathematics > Statistical Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Evi Nur Kamilah Evi |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:08 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114560 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |