A'yun, Rahma Qurrotal (2025) Pengaruh konseling individu melalui Cognitive Behavior Therapy terhadap adaptasi di kalangan santri baru: Penelitian di Madrasah Tsanawiyyah kelas VII Pesantren Persatuan Islam 67 Benda Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
01_Cover.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
02_Abstrak.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
03_Keterangan Bebas Plagiarism.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
04_Daftar isi.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
05_Bab 1.pdf Download (230kB) | Preview |
|
![]() |
Text
06_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
07_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
08_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
09_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_Lampiran (45).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada tidak sedikitnya santri mengalami kesulitan adaptasi akibat belum menerima dan belum bisa menyesuaikan diri dengan ligkungan baru yang memiliki banyak perbedaan dengan lingkungan sebelumnya, sehingga terdapat beberapa santri yang menunjukkan perilaku yang maladaptif dan perlu diadakan penanganan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konseling individu melalui Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dalam masalah kesulitan adaptasi dikalangan santri baru kelas VII Madrasah Tsanawiyyah Persis 67 Benda Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini berlandaskan pada teori Cognitive Behavior Therapy yang dipelopori oleh Aaron T. Beck yang menyatakan bahwa Cognitive Behavior Therapy sebagai pendekatan konseling yang dirancang untuk menyelesaikan permasalahan klien dengan cara melakukan restrukturisasi kognitif dan perilaku yang menyimpang. Dan teori adaptasi menurut Soekanto, menyatakan bahwa adaptasi adalah proses penyesuaian diri terhadap norma-norma, proses perubahan ataupun kondisi yang diciptakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini yaitu 19 santri kelas VII yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan skala likert dan dianalisis menggunakan aplikasi SPSS. Temuan pada penelitian ini menunjukkkan bahwa konseling individu melalui CBT memiliki pengaruh terhadap masalah adaptasi. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi sebesar 0,258 yang berarti bahwa 25,8% variasi kemampuan adaptasi dapat dijelaskan oleh konseling individu melalui CBT. Hasil uji t juga menujukkan nilai signifikansi sebesar 0.027 < 0.05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan adaptasi santri baru. Oleh karena itu, sekolah perlu mengoptimalkan program layanan konseling agar masalah adaptasi santri dapat ditangani lebih efisien. Dengan demikian kebaruan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan sosial dari teman sebaya menjadi faktor pendukung dalam mengatasi kesulitan adaptasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konseling individu; Cognitive Behavior Therapy; Adaptasi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | rahma qurrota a'yun |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 02:48 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 02:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114588 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |