Pemahaman Siswa terhadap Konsep Ati’ullaha Wa Ati’ur Rasula Wa Ulil Amri Minkum Hubungannya dengan Kedisiplinan Mereka Mematuhi Peraturan Sekolah:Penelitian terhadap Siswa Kelas XI SMA Al-Islam Bandung

Pujiani, Nurrahmi (2018) Pemahaman Siswa terhadap Konsep Ati’ullaha Wa Ati’ur Rasula Wa Ulil Amri Minkum Hubungannya dengan Kedisiplinan Mereka Mematuhi Peraturan Sekolah:Penelitian terhadap Siswa Kelas XI SMA Al-Islam Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada salah satu materi PAI yang dipelajari di SMA Al-Islam Kota Bandung yang membahas menganai konsep ati’ullaha wa ati’ur rasula wa ulil amri minkum. Sehingga, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai hubungan antara pemahaman siswa terhadap konsep ati’ullaha wa ati’ur rasula wa ulil amri minkum dengan kedisiplinan mereka mematuhi peraturan sekolah di SMA Al-Islam Kota Bandung. Penelitian ini membahas dua variabel, yaitu variabel “pemahaman siswa terhadap konsep ati’ullaha wa ati’ur rasula wa ulil amri minkum” dan variabel “kedisiplinan siswa mematuhi peraturan sekolah”. Tujuan penelitian ini ialah untuk: 1) mengetahui realitas pemahaman siswa terhadap konsep ati’ullaha wa ati’ur rasula wa ulil amri minkum di kelas XI SMA Al-Islam Kota Bandung, 2) realitas kedisiplinan siswa mematuhi peraturan sekolah di SMA Al-Islam Kota Bandung, 3) realitas hubungan antara pemahaman siswa terhadap konsep ati’ullaha wa ati’ur rasula wa ulil amri minkum dengan kedisiplinan mereka mematuhi peraturan sekolah di SMA Al-Islam Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teoretis yang dikemukakan, bahwa kecakapan ranah kognitif seseorang sangat berpengaruh terhadap ranah afektif dan psikomotor. Kaitannya dengan penelitian ini, pemahaman merupakan salah satu tujuan pengajaran bidang kognitif, sedangkan disiplin merupakan sikap moral yang menunjukan ketaatan. Maka, perubahan sikap dan perilaku seseorang terjadi akibat pengetahuan dari sebuah pengajaran, salah satunya yaitu pemahaman siswa terhadap materi-materi yang mereka peroleh dari kegiatan belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan alat pengumpul data berupa observasi, angket dan tes. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas XI SMA Al-Islam bandung yang berjumlah 52 orang, analisis data menggunakan pendekatan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemahaman siswa terhadap konsep ati’ullaha wa ati’ur rasula wa ulil amri minkum berkategori sedang, hal tersebut diperoleh berdasarkan nilai rata-rata sebesar 68,6 yang termasuk pada interval 60 - 69. 2) kedisiplinan mereka mematuhi peraturan sekolah berkategori tinggi, hal tersebut diperoleh berdasarkan nilai rata-rata sebesar 3,9 yang termasuk pada intereval 3,40 - 4,19. 3) hubungan antara keduanya berkategori rendah, hal tersebut diperoleh berdasarkan perhitungan rank spearman dengan nilai rata-rata 0,29 yang termasuk pada interval 0,200 - 0,399, sedangkan hasil uji t menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan diterima, karena t hitung lebih besar dari pada t tabel, dengan angka 2,16 > 1,68, serta derajat keterpengaruhannya sebesar 8,41 %, yang menunjukan masih ada 91,59 % faktor lain yang memengaruhi kedisiplinan mereka mematuhi peraturan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman siswa; konsep Ati'ullaha wa ati'urrasula wa ulil amri minkum; kedisiplinan siswa
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ami Nurrahmi Pujiani
Date Deposited: 23 Jul 2018 02:23
Last Modified: 23 Jul 2018 02:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11461

Actions (login required)

View Item View Item