Penerapan pembelajaran interaktif melalui media berbasis Gamifikasi Blooket untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis

Danti, Dita Risma (2025) Penerapan pembelajaran interaktif melalui media berbasis Gamifikasi Blooket untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARSM)
3_sk bebas plagiarsm.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf

Download (872kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam belajar belajar matematika. Tetapi pada kenyataanya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik perlu di tingkatkan lagi, didukung dari studi pendahuluan yang telah di lakukan peneliti di salah satu SMA yang ada di Pangandaran. Pembelajaran interaktif melalui media Gamifikasi Blooket menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) Sintaks kegiatan proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran interaktif melalui media Gamifikasi Blooket; (b) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan pembelajaran interaktif melalui Media Gamifikasi Blooket lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional; (c) Respon peserta didik saat pembelajaran interaktif melalui media Gamifikasi Blooket diterapkan pada mata pelajaran matematika dikelas. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil dari penelitian ini yaitu: (a) Sintaks kegiatan pembelajaran interaktif melalui media Gamifikasi Blooket dikategorikan sangat baik; (b) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran interaktif melalui media Gamifikasi Blooket lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvesional; (c) Respon peserta didik saat pembelajaran interaktif melalui media Gamifikasi Blooket dikategorikan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Pembelajaran Interaktif; Gamifikasi Blooket
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: DITA RISMA DANTI
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:41
Last Modified: 12 Aug 2025 06:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114686

Actions (login required)

View Item View Item