Penerapan model Project Based Learning bagi peningkatan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian di kelas IV Sd Negeri Cileunyi 05 Kabupaten Bandung

Wartini, Dede (2025) Penerapan model Project Based Learning bagi peningkatan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian di kelas IV Sd Negeri Cileunyi 05 Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (BUKTI PLAGIARISM)
11_Bukti Plagiarism.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10_Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_ Tesis_Dede Wartini (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa yang masih rendah. Hal ini terjadi karena pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional dan berpusat kepada guru, sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik. Dengan demikian, perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat berpengaruh dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, yaitu dengan menggunakan model project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model project based learning pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, pengaruh model project based learning bagi peningkatan kreativitas belajar pada mata pelajaran PAI dan Budi, pengaruh model project based learning bagi peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, serta pengaruh penerapan model project based learning bagi peningkatan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Kerangka pemikiran penelitian ini memadukan dari beberapa teori, yaitu: John Dewey, Maya Masitha Astriani, Eka Risma Junita dan Lestari. Simpulan dari beberapa teori tersebut bahwa penerapan model project based learning dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti menciptakan suasana kelas menjadi lebih aktif dan kreatif. Sehingga kreativitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa juga tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Metode pengambilan adalah angket/kuisioner, soal tes, obeservasi, dan studi dokumen. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan terlebih dahulu melakukan uji validitas isi untuk angket dilakukan melalui expert judgements dan soal tes menggunakan uji validitas dan uji reabilitas sebelum soal tes diberikan, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test, uji t (hipotesis) serta uji N-Gain score. Sedangkan untuk subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IV SD Negeri Cileunyi 05 dengan jumlah responden kelas eksperimen 30 siswa dan kelas kontrol 30 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) penerapan model project based learning dilakukan dengan langkah-langkah: pertama siswa diberikan pertanyaan mendasar mengenai topik yang akan dibahas. Kedua mendesain perencanaan proyek. Ketiga menyusun jadwal pembuatan proyek. Keempat memonitor keaktifan dan perkembangan proyek. Kelima menguji hasil dan keenam evaluasi pengalaman hasil belajar. 2) terdapat peningkatan kreativitas belajar siswa dengan penerapan model project based learning pada kelas eksperimen dengan rata-rata 4,26 dan termasuk kategori sangat tinggi. 3) terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan penerapan model project based learning pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 84,00 dan termasuk kategori sangat baik. 4) Respons siswa terhadap penerapan model project based learning memperoleh nilai rata-rata 4,01 dan termasuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan kepada para guru untuk menerapkan model pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Salah satunya yaitu model project based learning untuk menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan kreatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning; Belajar Kognitif; Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Islam
Islam > Islamic Religious Education
Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dede Wartini Dede
Date Deposited: 12 Aug 2025 02:29
Last Modified: 12 Aug 2025 02:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114688

Actions (login required)

View Item View Item