Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Digital Math Comic untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa

Arsyi, Diva Nur Rianti (2025) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Digital Math Comic untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_sk bebas plagiarism.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang masih perlu ditingkatkan, didukung dari hasil studi pendahuluan. Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Digital Math Comic menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) Sintaks kegiatan pembelajaran, (b) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model PBL berbantuan Digital Math Comic, (c) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional, (d) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model PBL berbantuan Digital Math Comic lebih baik dibandingkan siswa dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan instrumen tes berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan instrumen non tes berupa lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: (a) Sintaks kegiatan pembelajaran dikategorikan sangat baik, (b) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model PBL berbantuan Digital Math Comic berada pada kriteria tinggi, (c) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional berada pada kriteria sedang, (d) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model PBL berbantuan Digital Math Comic lebih baik dibandingkan siswa dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digital Math Comic; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Problem Based Learning;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Diva Nur Rianti Arsyi
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:47
Last Modified: 12 Aug 2025 06:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114701

Actions (login required)

View Item View Item