Arsyi, Diva Nur Rianti (2025) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Digital Math Comic untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_sk bebas plagiarism.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf Download (511kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang masih perlu ditingkatkan, didukung dari hasil studi pendahuluan. Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Digital Math Comic menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) Sintaks kegiatan pembelajaran, (b) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model PBL berbantuan Digital Math Comic, (c) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional, (d) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model PBL berbantuan Digital Math Comic lebih baik dibandingkan siswa dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan instrumen tes berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan instrumen non tes berupa lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: (a) Sintaks kegiatan pembelajaran dikategorikan sangat baik, (b) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model PBL berbantuan Digital Math Comic berada pada kriteria tinggi, (c) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional berada pada kriteria sedang, (d) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model PBL berbantuan Digital Math Comic lebih baik dibandingkan siswa dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Math Comic; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Problem Based Learning; |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Mathematics Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Diva Nur Rianti Arsyi |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:47 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |