Ghina, Afifah Fathiya (2025) Penerapan model Cooperative Learning tipe Structured Dyadic Methods (SDM) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self Confidence. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (983kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis dan self confidence menjadi salah satu hal yang perlu dikuasai oleh peserta didik. Namun, pada kenyataan di sekolah, peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memecahkan permasalahan komunikasi matematis karena kurangnya rasa percaya diri. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self confidence peserta didik melalui penerapan model cooperative learning tipe structured dyadic methods (SDM). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 72 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VIII C yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan model pembelajaran SDM pada pelajaran matematika berada pada kategori sangat baik; (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran SDM lebih baik daripada kemampuan komunikasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (3) Pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran SDM lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (4) Self Confidence peserta didik secara umum menunjukkan hasil yang positif setelah pembelajaran menggunakan model SDM.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan komunikasi matematis; structured dyadic methods; self confidence |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Afifah Fathiya Ghina |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 07:18 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 07:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |