Penerapan model Cooperative Learning tipe Structured Dyadic Methods (SDM) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self Confidence

Ghina, Afifah Fathiya (2025) Penerapan model Cooperative Learning tipe Structured Dyadic Methods (SDM) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self Confidence. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (983kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis dan self confidence menjadi salah satu hal yang perlu dikuasai oleh peserta didik. Namun, pada kenyataan di sekolah, peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memecahkan permasalahan komunikasi matematis karena kurangnya rasa percaya diri. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self confidence peserta didik melalui penerapan model cooperative learning tipe structured dyadic methods (SDM). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 72 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VIII C yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan model pembelajaran SDM pada pelajaran matematika berada pada kategori sangat baik; (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran SDM lebih baik daripada kemampuan komunikasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (3) Pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran SDM lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (4) Self Confidence peserta didik secara umum menunjukkan hasil yang positif setelah pembelajaran menggunakan model SDM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematis; structured dyadic methods; self confidence
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Afifah Fathiya Ghina
Date Deposited: 12 Aug 2025 07:18
Last Modified: 12 Aug 2025 07:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114719

Actions (login required)

View Item View Item