Penerapan metode pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VIII SMP Plus Bandung Timur

Putri, Ariny Khaerunisa Esa (2025) Penerapan metode pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VIII SMP Plus Bandung Timur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di SMP Plus Bandung Timur terdapat metode yang biasa dan sering digunakan dalam pembelajaran PAI BP yaitu metode diskusi, metode tersebut sudah dilaksanakan bertahun-tahun di setiap pembelajaran dan hasilnya cukup maksimal. Namun sebagian siswa masih memiliki motivasi belajar yang cukup rendah, peneliti ingin memberikan sebuah permacaman dengan metode lain selain metode diskusi di sekolah tersebut untuk mengatasai rendahnya motivasi belajar siswa, tentunya metode yang setara dan sebanding dengan metode diskusi salah satunya adalah metode Whole Brain Teaching yang menggabungkan instruksi langsung dengan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran melalui kombinasi gerakan, suara, visual, dan interaksi verbal. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan metode Whole Brain Teaching pada mata pelajaran PAI BP di kelas VIII. 2) mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI BP sesudah menerapkan metode Whole Brain Teaching di kelas VIII. 3) mengetahui pengaruh penerapan metode Whole Brain Teaching terhadap motivasi belajar di kelas VIII. Penelitian ini merujuk pada teori yang mengatakan bahwa metode WBT mengintegrasikan berbagai teknik pembelajaran yang melibatkan seluruh aspek otak siswa, baik secara kognitif maupun emosional. Metode pembelajaran ini dapat memperkuat perilaku positif, retensi memori dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran sehingga menumbuhkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis non parametrik dengan menggunakan uji wilcozon dan mann whitney, serta uji ngain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata pre-respond sebesar 55,37 sedangkan post-respond sebesar 63,93. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata rata pre-respond sebesar 56,27 dan post-respond sebesar 58,40. Namun dapat terlihat bahwa pada peningkatannya lebih kecil dibanding kelas eksperimen. Dalam hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai signifikansi < 0,001 antara hasil post-respond kelas eksperimen dan kontrol. Ini mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan setelah perlakuan. Analisis N-Gain memberikan nilai rata-rata 0,36, yang termasuk dalam kategori sedang. Meskipun tidak tergolong tinggi, nilai ini menunjukkan bahwa WBT cukup efektif dalam meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Motivasi Belajar; WBT
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ariny Khaerunisa Esa Putri
Date Deposited: 12 Aug 2025 08:02
Last Modified: 13 Aug 2025 03:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114725

Actions (login required)

View Item View Item