Maspupah, Hesti Siti (2025) Penerapan metode Lauh untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an Siswa: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Skye Digipreneur Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (537kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan terkait pelaksanaan pembelajaran tahfizh dalam kelas, metode yang biasa digunakan oleh guru ialah metode controling tahfizh (peserta didik menghafal Al-Qura’an secara mandiri) lalu menyetorkan hafalannya kepada guru tahfizhnya. Sayangnya hasil dari penggunaan metode tersebut berdampak pada rendahnya kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa. Untuk meningkatkan kemampuan menghafala Al-Qur’an siswa, peneliti menggunakan metode lauh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) Mengetahui bagaimana proses penerapan metode lauh untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII di SMP Skye Digipreneur. (2) Mengetahui peningkatan kemampuan menghafal Al-Qu’ran siswa setelah diterapkan metode lauh pada siswa kelas VIII di SMP Skye Digipreneur Kabupten Bandung. Penelitian ini berlandaskan pada pemikiran bahwa penggunaan metode lauh dalam pembelajaran tahfizh dapat meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan adalah Ha peningkatan kemampuan menghafal Al-Qu’ran siswa setelah diterapkan metode lauh pada siswa kelas VIII di SMP Skye Digipreneur Kabupten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eskperimen. Desain quasi eksperimen yang digunakan adalah Desain Pretes-Posttest with Nonequivalent Control Group Design, yaitu desain yang dilakukan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, (1) Proses pembelajaran dengan menerapkan metode lauh terlaksana dengan sangat baik. Hal ini berdasarkan pada perolehan hasil observasi guru dalam proses penerapan metode lauh dengan skor 88,75%. Skor tersebut berada pada rentang 76-100. (2) Peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa setelah diterapkan metode lauh berdasarkan hasil analisis uji n-gain score diperoleh bahwa rata-rata skor N-Gain adalah 0,3841. Skor tersebut termasuk dalam kategori sedang. Adapun peningkatan signifikan berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh nilai sig. (2-tailed) bernilai 0,001 lebih kecil dari 0,05, yang berarti Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa setelah diterapkan metode lauh pada siswa kelas VIII di SMP Skye Digipereneur Kabupaten Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode Lauh; Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Siswa; |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hesti Siti Maspupah |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 03:12 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 03:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |