mila, ropiatul (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis media wordwall untuk meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran PAI & Budi Pekerti: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas XI SMA laboratorium percontohan UPI Cibiru kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_Lembar Pernyataan Karya Sendiri.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf Download (349kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (860kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Ropiatul Mila, 1212020226, 2025. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Media Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI & Budi Pekerti (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Laboratorium Percontohan UPI Cibiru Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI BP kelas XI 2. Berdasarkan hasil observasi, ditunjukan dengan perilaku siswa yang kurang perhatian terhadap guru di depan, mudah bosan dan mengantuk saat di kelas. Salah satu penyebab kurangnya minat belajar bisa terjadi karena metode atau media yang digunakan. Maka dari itu, salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI BP dapat menggunakan model, metode atau media yang cocok, salah satunya yaitu metode make a match berbasis media wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match berbasis Media Wordwall Mata Pelajara PAI BP. 2) Minat belajar siswa pelajara PAI BP. 3) Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match berbasis Media Wordwall efektif terahadap minat belajar siswa dalam pelajaran PAI BP.. Model pembelajaran kooperatif tipe make a match mendukung pembelajaran aktif dan kreatif melalui kegiatan belajar sambil bermain dalam memasangkan kartu pertanyaan dan jawaban materi pembelajaran dengan menggunakan media Wordwall merupakan game edukasi berbasis kata, dapat menjadi alternative yang menarik untuk digunakan dalam pembelajaran. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu penerapan model pemblajaran kooperatif tipe make a match berbasis media wordwall dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI BP di kelas XI 2 SMA Laboratorium Percontohan UPI Cibiru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi experiment dengan desain Nonequivalent control group desaign. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah ujinormalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Hasil penelitian menujukan: 1) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match berbasis Media Wordwall Pelajara PAI BP terlaksana dengan baik. Hal ini berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru yang memiliki rata-rata yang sama yaitu 75% yang termasuk kedalam kategori baik. 2) Minat belajar siswa Pelajara PAI BP, memiliki rata-rata minat belajar sebesar 90,70 yang termasuk kedalam kategori sangat baik di kelas eksperimen, sementara itu kelas kontrol memiliki rata-rata sebsar 79,71 yang termasuk kedalam kategori baik. 3)Terdapat peningkatan minat belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match berbasis Media Wordwall Pelajara PAI BP. Peningkatan ini ditunjukan oleh perbedaan yang signifikan dari hasil N-gain, yaitu kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 63,91% yang termasuk kedalam kategori cukup efektif, dan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai 3,61% termasuk kedalam kategori tidak efektif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif; metode make a match; media wordwall; minat belajar; pai |
Subjects: | Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ropiatul Mila |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 07:38 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 07:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115163 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |