Mawarni, Gita (2025) Penerapan E-Government pada aplikasi Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
Keterangan bebas plagiarism.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Download (382kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi akan pelayanan publik yang efektif dan efisien dalam konteks sistem demokrasi di Indonesia. Pemanfaatan teknologi informasi, khususnya melalui penerapan e-government, menjadi salah satu strategi utama dalam meningkatkan kualitas layanan publik. Salah satu wujud implementasi tersebut terlihat pada Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bekasi melalui penggunaan Aplikasi MPP Kabupaten Bekasi, yang ditujukan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses berbagai layanan administrasi. Meskipun terdapat sejumlah kemajuan, pelaksanaan aplikasi ini masih menghadapi berbagai hambatan, seperti kurangnya upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, sehingga penerapan e-government di daerah ini belum mencapai tingkat efektivitas yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji transformasi digital government melalui penggunaan Aplikasi Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Bekasi dengan menitikberatkan pada tiga aspek utama. Pertama, dukungan (support) yang diberikan dalam proses pelaksanaan e- government melalui aplikasi tersebut. Kedua, kapasitas (capacity) yang dimiliki dalam menunjang efektivitas penerapan layanan digital tersebut. Ketiga, nilai (value) yang dihasilkan dari penggunaan aplikasi MPP Kabupaten Bekasi dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan publik. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif yang dikombinasikan dengan metode deskriptif dalam menganalisis transformasi digital government pada penggunaan Aplikasi di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bekasi. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam terhadap dinamika interaksi dan komunikasi antara peneliti dengan objek penelitian. Adapun metode deskriptif dimanfaatkan untuk menyajikan gambaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi digital governmen melalui penerapan Aplikasi di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bekasi berdampak positif dengan meningkatkan aksesibilitas, efisiensi, dan kepuasan masyarakat terhadap layanan publik. Penilaian terhadap aspek support, capacity, dan value mengindikasikan potensi besar dalam meningkatkan efektivitas layanan. Keberhasilan ini mencerminkan komitmen Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bekasi dalam memberikan pelayanan terbaik dan berkontribusi pada lingkungan yang lebih sejahtera, meskipun pada penerapaannya masih terdapat beberapa kendala yang perlu diperbaiki agar dapat memenuhi harapan masyarakat dengan optimal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-government; Mall Pelayanan Publik; Kabupaten Bekasi |
Subjects: | Public Administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Gita Gita Mawarni |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 07:27 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 07:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115165 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |