Rahmawati, Yuni (2025) Penerapan metode The Learning Cell untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas XI di SMA Karya Pembangunan 2 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
4_DaftarIsi.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
5_Bab1.pdf Download (350kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Karya Pembangunan 2 Kota Bandung, berdasarkan studi pendahuluan melalui observasi awal dan wawancara dengan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, diketahui bahwa keaktifan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran masih tergolong rendah. Kurangnya variasi dalam metode pembelajaran menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya keaktifan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan metode the learning cell pada mata pelajaran PAIBP. 2) Mengetahui keaktifan belajar siswa setelah pelaksanaa metode the learning cell pada mata pelajaran PAIBP. 3) Mengetahui pengaruh metode the learning cell terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP. Keaktifan belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh penerapan metode pembelajaran. Metode the learning cell diasumsikan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Dalam metode ini, siswa dibagi menjadi kelompok kecil, di mana satu siswa berperan sebagai pengajar dan yang lainnya sebagai peserta. Metode ini mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran, meningkatkan pemahaman materi, serta membangun rasa percaya diri. Dengan penerapan metode ini, diharapkan antusiasme siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dapat meningkat. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode the learning cell terlaksana dengan baik, berdasarkan pada hasil observasi keterlaksanaan dengan skor 96%. (2) keaktifan siswa di kelas eksperimen setelah diberi perlakuan berada pada kategori sangat tinggi, dengan hasil posttest sebesar 88,82. (3) Pengaruh metode the learning cell terhadap keaktifan belajar siswa dengan hasil uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,5318 berada pada kategori sedang, dan peningkatannya meningkat berdasarkan hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan penerapan metode the learning cell terhadap keaktifan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode The Learning Cell ; Keaktifan Belajar ; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yuni Rahmawati |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 01:36 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 01:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115215 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |