Penerapan metode The Learning Cell untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas XI di SMA Karya Pembangunan 2 Bandung

Rahmawati, Yuni (2025) Penerapan metode The Learning Cell untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas XI di SMA Karya Pembangunan 2 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_DaftarIsi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_Bab1.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text
6_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
9_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
10_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Karya Pembangunan 2 Kota Bandung, berdasarkan studi pendahuluan melalui observasi awal dan wawancara dengan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, diketahui bahwa keaktifan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran masih tergolong rendah. Kurangnya variasi dalam metode pembelajaran menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya keaktifan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan metode the learning cell pada mata pelajaran PAIBP. 2) Mengetahui keaktifan belajar siswa setelah pelaksanaa metode the learning cell pada mata pelajaran PAIBP. 3) Mengetahui pengaruh metode the learning cell terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP. Keaktifan belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh penerapan metode pembelajaran. Metode the learning cell diasumsikan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Dalam metode ini, siswa dibagi menjadi kelompok kecil, di mana satu siswa berperan sebagai pengajar dan yang lainnya sebagai peserta. Metode ini mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran, meningkatkan pemahaman materi, serta membangun rasa percaya diri. Dengan penerapan metode ini, diharapkan antusiasme siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dapat meningkat. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode the learning cell terlaksana dengan baik, berdasarkan pada hasil observasi keterlaksanaan dengan skor 96%. (2) keaktifan siswa di kelas eksperimen setelah diberi perlakuan berada pada kategori sangat tinggi, dengan hasil posttest sebesar 88,82. (3) Pengaruh metode the learning cell terhadap keaktifan belajar siswa dengan hasil uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,5318 berada pada kategori sedang, dan peningkatannya meningkat berdasarkan hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan penerapan metode the learning cell terhadap keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode The Learning Cell ; Keaktifan Belajar ; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuni Rahmawati
Date Deposited: 19 Aug 2025 01:36
Last Modified: 19 Aug 2025 01:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115215

Actions (login required)

View Item View Item