Pengaruh media film animasi “Diva The Series” terhadap kemampuan bahasa Inggris anak usia dini: Kuasi eksperimen di kelompok B RA Al-muhajir Panyileukan kota Bandung

Kamelia, Mila (2025) Pengaruh media film animasi “Diva The Series” terhadap kemampuan bahasa Inggris anak usia dini: Kuasi eksperimen di kelompok B RA Al-muhajir Panyileukan kota Bandung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER .pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Surat Pertanyaan Karya Sendiri.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (730kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran Penelitian (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengaruh Media Film Animasi “Diva The Series” Terhadap Kemampuan Bahasa Inggris Anak Usia Dini (Kuasi Eksperimen di Kelompok B RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada saat observasi awal bahwa kemampuan bahasa Inggris anak di Kelompok B RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung belum mampu menguasai kosakata dengan optimal. Hal ini terlihat karena minimnya kosakata yang dikuasai anak, sehingga mereka kesulitan dalam mengenali dan mengingat kata-kata dalam bahasa Inggris. Selain itu, banyak anak mengalami kesulitan dalam pelafalan (pronunciation) karena perbedaan bunyi antara bahasa Inggris dan bahasa ibu mereka. Kurangnya rasa percaya diri dalam berbicara juga menjadi kendala, terutama ketika anak takut melakukan kesalahan atau merasa malu saat mencoba berbicara dalam bahasa asing. Tujuan dari penelitian ini yang dilakukan di Kelompok B RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan bahasa Inggris anak melalui media animasi pada kelompok B RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung; 2) Kemampuan bahasa Inggris anak melalui media buku cerita pada kelompok B RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung; dan 3) Perbedaan kemampuan bahasa Inggris anak pada kelompok B RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung antara menggunakan media animasi dan media buku cerita. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan desain nonequivalent control group design yang mencakup tahapan pretest, perlakuan (treatment), dan posttest pada dua kelompok untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris Anak. Kelas B1, yang terdiri dari 15 anak, berperan sebagai kelompok eksperimen, sedangkan kelas B2, yang juga berjumlah 15 anak, menjadi kelompok kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, di mana seluruh populasi dijadikan sampel. Analisis data dilakukan melalui serangkaian uji, dimulai dengan uji instrumen untuk mengukur validitas dan reliabilitas, diikuti oleh uji parsial item per indikator, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dalam kemampuan bahasa Inggris pada anak usia dini di Kelompok B1 RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung dengan menggunakan media animasi. Hal ini diperkuat dengan adanya hasil uji ”t” dengan t_hitung 3,323 sedangkan nilai t_(tabel )pada taraf signifikansi 5% adalah 1,701 maka t_hitung=3,323>t_(tabel )=1,701 maka H_0 (hipotesis nol) ditolak dan H_1(hipotesis alternatif) diterima. Artinya kemampuan bahasa anak menggunakan media pembelajaran animasi memiliki pengaruh yang signifikan di Kelompok B1 RA Al-Muhajir Panyileukan Kota Bandung. Oleh karena itu, media animasi dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media film animasi; pembelajaran bahasa Inggris; kemampuan bahasa Inggris; anak usia dini
Subjects: English
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: mila kamelia
Date Deposited: 20 Aug 2025 01:12
Last Modified: 20 Aug 2025 01:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115254

Actions (login required)

View Item View Item