Pengaruh model PBL berbasis Socio-Scientific Issue terhadap Peningkatan Kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem ekskresi

Novita, Delia (2025) Pengaruh model PBL berbasis Socio-Scientific Issue terhadap Peningkatan Kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah atau problem solving merupakan kemampuan yang harus dikuasai peserta didik pada pendidikan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model PBL berbasis Socio-Scientific Issue terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem ekskresi. Metode yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Instrumen penelitian terdiri dari lembar keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan pemecahan masalah dan angket kendala peserta didik. Penelitian dilakukan di salah satu SMP di Kabupaten Bandung dengan sampel penelitian terdiri dari 28 peserta didik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil penelitian di kelas dengan model PBL berbasis Socio-Scientific Issue menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 96,66% (sangat baik) dan peserta didik sebesar 83,75% (sangat baik). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah di kelas dengan model PBL berbasis Socio-Scientific Issue memperoleh N-Gain 0,52 (sedang), sedangkan pada kelas tanpa model PBL berbasis Socio-Scientific Issue memperoleh N-Gain 0,25 (rendah). Sebagian besar peserta didik (51,5%) terkendala pada tahap diskusi dengan anggota kelompoknya, sedangkan kendala terkecil terdapat pada tahap mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas sebesar 11%. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh model PBL berbasis Socio-Scientific Issue terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem ekskresi dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan besaran pengaruh 0,606 (sedang).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah; Sistem Ekskresi; PBL berbasis Socio-Scientific Issue
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Delia Novita
Date Deposited: 19 Aug 2025 02:37
Last Modified: 19 Aug 2025 02:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115328

Actions (login required)

View Item View Item