Novita, Delia (2025) Pengaruh model PBL berbasis Socio-Scientific Issue terhadap Peningkatan Kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (512kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah atau problem solving merupakan kemampuan yang harus dikuasai peserta didik pada pendidikan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model PBL berbasis Socio-Scientific Issue terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem ekskresi. Metode yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Instrumen penelitian terdiri dari lembar keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan pemecahan masalah dan angket kendala peserta didik. Penelitian dilakukan di salah satu SMP di Kabupaten Bandung dengan sampel penelitian terdiri dari 28 peserta didik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil penelitian di kelas dengan model PBL berbasis Socio-Scientific Issue menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 96,66% (sangat baik) dan peserta didik sebesar 83,75% (sangat baik). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah di kelas dengan model PBL berbasis Socio-Scientific Issue memperoleh N-Gain 0,52 (sedang), sedangkan pada kelas tanpa model PBL berbasis Socio-Scientific Issue memperoleh N-Gain 0,25 (rendah). Sebagian besar peserta didik (51,5%) terkendala pada tahap diskusi dengan anggota kelompoknya, sedangkan kendala terkecil terdapat pada tahap mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas sebesar 11%. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh model PBL berbasis Socio-Scientific Issue terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem ekskresi dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan besaran pengaruh 0,606 (sedang).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemecahan Masalah; Sistem Ekskresi; PBL berbasis Socio-Scientific Issue |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Delia Novita |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:37 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 02:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |