Pengaruh pelayanan tata usaha terhadap kepuasan siswa: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Persis Katapang Kabupaten Bandung

Dimas, Naufal Razaan Ananda (2025) Pengaruh pelayanan tata usaha terhadap kepuasan siswa: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Persis Katapang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA ILMIAH)
3_lembarpernyataankaryailmiah.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)

Abstract

Pelayanan tata usaha memegang peran penting dalam pengelolaan administrasi Pendidikan tata usaha yang efektif dan efisien dan berkualitas menjadi faktor kunci dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang tertata dengan baik, sehingga mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Pelayanan administrasi yang dikelola secara profesional mampu meningkatkan kepuasan berbagai pihak, termasuk guru, siswa, dan orang tua, melalui layanan yang cepat, tepat, dan responsif. Dengan demikian, pelayanan tata usaha yang baik membantu menciptakan suasana madrasah yang nyaman dan mendukung peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pelayanan tata usaha di Madrasah Tsanawiyah Persis Katapang Kabupaten Bandung. 2) mengetahui kepuasan siswa di Madrasah Tsanawiyah Persis Katapang Kabupaten Bandung. 3) menganalisis pengaruh pelayanan tata usaha terhadap kepuasan siswa di Madrasah Tsanawiyah Persis Katapang Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 74 responden yang merupakan sampel dari populasi dalam penelitian ini. Proses pengumpulan data penelitian menggunakan angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelayanan tata usaha terhadap kepuasan siswa, yang diuji melalui angket pada 74 responden, dinyatakan valid dan reliabel. (2) untuk variabel pelayanan tata usaha (X) nilai alpha rhitung sebesar 0,783 > 0,6, dan kepuasan siswa (Y) nilai alpha 0,835 > 0,6, menandakan reliabilitas kuesioner.(3) pengujian normalitas menunjukkan bahwa X dan Y berdistribusi normal, dengan uji linearitas variabel X dan Y menunjukkan hubungan signifikan 0,473 > 0,5. (4) Koefisien determinasi R Square sebesar 0,507 menunjukkan bahwa pelayanan tata usaha memberikan konstribusi sebesar 50,7% terhadap kepuasan siswa, sementara 49,3% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan; Tata Usaha; Kepuasan Siswa
Subjects: General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: naufal razaan
Date Deposited: 20 Aug 2025 07:44
Last Modified: 20 Aug 2025 07:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115512

Actions (login required)

View Item View Item