Dimas, Naufal Razaan Ananda (2025) Pengaruh pelayanan tata usaha terhadap kepuasan siswa: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Persis Katapang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA ILMIAH)
3_lembarpernyataankaryailmiah.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (302kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) |
Abstract
Pelayanan tata usaha memegang peran penting dalam pengelolaan administrasi Pendidikan tata usaha yang efektif dan efisien dan berkualitas menjadi faktor kunci dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang tertata dengan baik, sehingga mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Pelayanan administrasi yang dikelola secara profesional mampu meningkatkan kepuasan berbagai pihak, termasuk guru, siswa, dan orang tua, melalui layanan yang cepat, tepat, dan responsif. Dengan demikian, pelayanan tata usaha yang baik membantu menciptakan suasana madrasah yang nyaman dan mendukung peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pelayanan tata usaha di Madrasah Tsanawiyah Persis Katapang Kabupaten Bandung. 2) mengetahui kepuasan siswa di Madrasah Tsanawiyah Persis Katapang Kabupaten Bandung. 3) menganalisis pengaruh pelayanan tata usaha terhadap kepuasan siswa di Madrasah Tsanawiyah Persis Katapang Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 74 responden yang merupakan sampel dari populasi dalam penelitian ini. Proses pengumpulan data penelitian menggunakan angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelayanan tata usaha terhadap kepuasan siswa, yang diuji melalui angket pada 74 responden, dinyatakan valid dan reliabel. (2) untuk variabel pelayanan tata usaha (X) nilai alpha rhitung sebesar 0,783 > 0,6, dan kepuasan siswa (Y) nilai alpha 0,835 > 0,6, menandakan reliabilitas kuesioner.(3) pengujian normalitas menunjukkan bahwa X dan Y berdistribusi normal, dengan uji linearitas variabel X dan Y menunjukkan hubungan signifikan 0,473 > 0,5. (4) Koefisien determinasi R Square sebesar 0,507 menunjukkan bahwa pelayanan tata usaha memberikan konstribusi sebesar 50,7% terhadap kepuasan siswa, sementara 49,3% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan; Tata Usaha; Kepuasan Siswa |
Subjects: | General Management > Information Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | naufal razaan |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 07:44 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 07:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115512 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |