Ramadhani, Tiara (2025) Pengaruh model pembelajaran skimming-mindmappping-questioning-exploring-writing-communicating (simas eric) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem saraf. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (199kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Siswa pada abad 21 dituntut menguasai keterampilan berpikir kritis. Namun pada faktanya, banyak siswa yang mengalami kesulitan memahami konsep abstrak pada materi Biologi. Hal ini juga diduga kurangnya kebiasaan siswa dalam mengasah kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Simas Eric terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan aktivitas pada kelas dengan model Simas Eric (93,74), aktivitas guru dan (91,31) aktivitas siswa dengan kategori sangat baik sedangkan kelas tanpa model Simas Eric (83,72) aktivitas guru dan (79,75) aktivitas siswa dengan kategori sangat baik serta baik. Peningkatkan pada kelas dengan model Simas Eric (0,81) kategori tinggi sedangkan tanpa model Simas Eric (0,67) kategori sedang. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,0003(<0,05) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga model Simas Eric memberikan pengaruh postif dan signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem saraf. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan model Simas Eric (76,87%) dengan kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa berpengaruh positif terhadap peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa khususnya pada materi sistem saraf.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis; simas eric; sistem saraf |
Subjects: | Secondary Education Secondary Education > Upper Level Secondary School Education, Research Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Tiara Ramadhani Ara |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:22 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 04:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |