Pengaruh model pembelajaran skimming-mindmappping-questioning-exploring-writing-communicating (simas eric) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem saraf

Ramadhani, Tiara (2025) Pengaruh model pembelajaran skimming-mindmappping-questioning-exploring-writing-communicating (simas eric) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem saraf. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Siswa pada abad 21 dituntut menguasai keterampilan berpikir kritis. Namun pada faktanya, banyak siswa yang mengalami kesulitan memahami konsep abstrak pada materi Biologi. Hal ini juga diduga kurangnya kebiasaan siswa dalam mengasah kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Simas Eric terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan aktivitas pada kelas dengan model Simas Eric (93,74), aktivitas guru dan (91,31) aktivitas siswa dengan kategori sangat baik sedangkan kelas tanpa model Simas Eric (83,72) aktivitas guru dan (79,75) aktivitas siswa dengan kategori sangat baik serta baik. Peningkatkan pada kelas dengan model Simas Eric (0,81) kategori tinggi sedangkan tanpa model Simas Eric (0,67) kategori sedang. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,0003(<0,05) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga model Simas Eric memberikan pengaruh postif dan signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem saraf. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan model Simas Eric (76,87%) dengan kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa berpengaruh positif terhadap peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa khususnya pada materi sistem saraf.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis; simas eric; sistem saraf
Subjects: Secondary Education
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Education, Research
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Tiara Ramadhani Ara
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:22
Last Modified: 21 Aug 2025 04:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115537

Actions (login required)

View Item View Item