Apriliani, Delia (2025) Korelasional ekstrakurikuler dengan prestasi akademik peserta didik: Penelitian di Madrasah Aliyah Ar-Rosyidiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_keteranganbebasplagiarism.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (379kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (850kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu wadah untuk mengembangkan minat dan bakat peserta didik yang dilaksanakan di luar jam pelajaran. Meskipun demikian, selain mengikuti ekstrakurikuler, peserta didik juga dituntut untuk meningkatkan prestasi akademiknya. Beberapa peserta didik yang aktif dalam kegiatan ini menunjukkan kecenderungan prestasi akademik yang lebih baik, namun tidak sedikit pula yang justru mengalami penurunan prestasi karena kesulitan membagi waktu antara belajar dan kegiatan ekstrakurikuler. Di sisi lain, masih ada peserta didik yang enggan mengikuti ekstrakurikuler karena rasa malas atau kurangnya dukungan dari lingkungan sosial, seperti teman sebaya. Kondisi tersebut mencerminkan bahwa keterlibatan peserta didik dalam ekstrakurikuler belum merata dan dampaknya terhadap prestasi akademik tidak selalu sama pada setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Ar-Rosyidiyah; (2) mengetahui bagaimana prestasi akademik di Madrasah Aliyah Ar-Rosyidiyah; (3) mengetahui bagaimana korelasional ekstrakurikuler dengan prestasi akademik di Madrasah Aliyah Ar-Rosyidiyah. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner menggunakan skala Likert dengan lima pilihan jawaban kepada 79 responden. Analisis data meliputi uji instrumen (validitas dan reliabilitas), analisis indikator, uji hipotesis menggunakan korelasi product moment, serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Ar-Rosyidiyah berada pada kategori tinggi dengan skor 3,76 berdasarkan data dari 79 responden; (2) prestasi akademik berada pada kategori sedang dengan skor 3,35 dari pengolahan data yang sama; (3) uji korelasi product moment menghasilkan nilai signifikansi 0,000, dengan koefisien korelasi positif sebesar 0,567 antara variabel X dan Y. Berdasarkan nilai r hitung tersebut, kekuatan hubungan berada pada interval 0,40–0,599 yang termasuk kategori sedang. Selanjutnya, uji koefisien determinasi (R square) menunjukkan nilai 0,322, yang berarti kegiatan ekstrakurikuler memberikan kontribusi sebesar 32,2% terhadap prestasi akademik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler; Prestasi Akademik; Peserta Didik |
Subjects: | Education > Organization of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Delia Apriliani |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:37 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 04:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |