pengaruh pembelajaran Kitab Fiqhunnisa’ terhadap motivasi belajar dan pemahaman siswa kelas X di MAS Simbang Kulon Putri Pekalongan

Rosyida, Nadya Ilma (2025) pengaruh pembelajaran Kitab Fiqhunnisa’ terhadap motivasi belajar dan pemahaman siswa kelas X di MAS Simbang Kulon Putri Pekalongan. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
SK_bebasplagiarisme.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II (7).pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V (4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

MAS Simbang Kulon Pekalongan telah mengupayakan pencapaian motivasi belajar dalam pembelajaran Kitab Fiqhunnisa’ dengan melaksanakan pembelajaran sesuai RPP yang didasarkan pada langkah-langkah pembelajaran. Madrasah juga mengupayakan pemahaman siswa dengan guru menjelaskan materi mengaitkan aplikasi materi haid dan istihadah dalam kehidupan sehari-hari. Meski, telah dilaksanakan dengan baik, masih terdapat siswa yang belum paham perhitungan haid. Motivasi belajar siswa juga rendah, ditunjukkan dengan kurangnya partisipasi beberapa siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pembelajaran kitab Fiqhunnisa’, 2) motivasi belajar siswa dalam pembelajaran kitab Fiqhunnisa’, 3) pemahaman siswa dalam pembelajaran kitab Fiqhunnisa’ di MAS Simbang Kulon Putri Pekalongan, 4) pengaruh pembelajaran kitab Fiqhunnisa’ terhadap motivasi belajar siswa, 5) pengaruh pembelajaran kitab Fiqhunnisa’ terhadap pemahaman siswa, 6) pengaruh pembelajaran kitab Fiqhunnisa’ terhadap motivasi belajar dan pemahaman siswa di MAS Simbang Kulon Putri Pekalongan. Penelitian ini didasarkan teori aktivitas belajar yang mencakup kegiatan visual, lisan, mendengar, menulis, motorik, mental dan emosional. Motivasi belajar ialah dorongan siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku. Memahami yaitu mengkontruksi makna materi pembelajaran. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, karena dengan data berupa angka-angka dapat digunakan untuk mempresentasikan hasil penelitan. Cara pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket pembelajaran Kitab Fiqhunnisa’, angket motivasi belajar siswa, tes pemahaman siswa, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran Kitab Fiqhunnisa’ di MAS Simbang Kulon sebesar 78,87 % termasuk baik. Pada aktivitas lisan belum maksimal siswa masih merasa malu, solusi guru menggunakan metode peer teaching. 2) motivasi belajar siswa di MAS Simbang Kulon sebesar 91,3 % termasuk sangat baik, namun dapat lebih dioptimalkan dengan menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan, 3) pemahaman siswa di MAS Simbang Kulon sebesar 86,19 % kategori sangat baik, dapat dioptimalkan dengan penjelasan yang disertai contoh konkrit. 4) pengaruh pembelajaran Kitab Fiqhunnisa’ terhadap motivasi belajar siswa di MAS Simbang Kulon menunjukkan hasil sebesar 42,8 %, maka masih ada 57, 2% faktor lain, seperti dukungan orang tua. 5) pengaruh pembelajaran Kitab Fiqhunnisa’ terhadap pemahaman siswa di MAS Simbang Kulon menunjukkan hasil 40,6 %, maka masih ada 59,4% faktor lain, seperti tidak adanya evaluasi berkala, 6) pengaruh pembelajaran Kitab Fiqhunnisa’ terhadap motivasi belajar dan pemahaman siswa di MAS Simbang Kulon menunjukkan hasil 53,4 %, masih ada 46,6% faktor lain, seperti lingkungan sosial. Peneliti merekomendasikan guru pembelajaran Kitab Fiqhunnisa‘ untuk menerapkan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kitab Fiqhunnisa'; motivasi belajar; pemahaman siswa
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Adult Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadya Ilma Rosyida
Date Deposited: 25 Aug 2025 01:05
Last Modified: 25 Aug 2025 06:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115734

Actions (login required)

View Item View Item