Penerapan metode behavior modification untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self regulated learning pada peserta didik

Fauziyyah, Salwa (2025) Penerapan metode behavior modification untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self regulated learning pada peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan matematika di era modern menuntut peserta didik untuk mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan mengatur proses belajarnya secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Behavior Modification dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan Self Regulated Learning peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode quasi experiment dengan Non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik SMP kelas 7 sebanyak 10 kelas dan sample 2 kelas yang diambil secara non-probability sampling yaitu dengan Purposive Sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis dengan hasil validitas dan reliabilitas yang bagus, serta instrumen angket Self Regulated Learning. Penelitian ini menggunakan uji t untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Behavior Modification secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Terdapat perbedaan Self Regulated Learning peserta didik antara kelas Behavior Modification dan kelas konvensional dengan rata-rata pada kelas Behavior Modification lebih tinggi dibanding kelas konvensional. Metode Behavior Modification dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matemati serta membentuk kemandirian belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Behavior Modification; Berpikir Kritis Matematis; Self Regulated Learning
Subjects: Applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Salwa Fauziyyah Salwa
Date Deposited: 22 Aug 2025 07:22
Last Modified: 22 Aug 2025 07:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115749

Actions (login required)

View Item View Item