Fauziyyah, Salwa (2025) Penerapan metode behavior modification untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self regulated learning pada peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (577kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan matematika di era modern menuntut peserta didik untuk mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan mengatur proses belajarnya secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Behavior Modification dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan Self Regulated Learning peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode quasi experiment dengan Non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik SMP kelas 7 sebanyak 10 kelas dan sample 2 kelas yang diambil secara non-probability sampling yaitu dengan Purposive Sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis dengan hasil validitas dan reliabilitas yang bagus, serta instrumen angket Self Regulated Learning. Penelitian ini menggunakan uji t untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Behavior Modification secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Terdapat perbedaan Self Regulated Learning peserta didik antara kelas Behavior Modification dan kelas konvensional dengan rata-rata pada kelas Behavior Modification lebih tinggi dibanding kelas konvensional. Metode Behavior Modification dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matemati serta membentuk kemandirian belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Behavior Modification; Berpikir Kritis Matematis; Self Regulated Learning |
Subjects: | Applied mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Salwa Fauziyyah Salwa |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 07:22 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 07:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115749 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |