Juliani, Rahayu (2025) Penerapan model Round Robin Brainstorming untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (AK BEBAS PLAGARISME)
Plagarism.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (558kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, ditemukan dari 38 siswa hanya 9 (24%) siswa yang mencapai nilai KKTP. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam pembelajaran karena model pembelajaran yang kurang bervariatif dan sering menggunakan model konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hasil belajar siswa sebelum diterapkannya model Round Robin Brainstorming pada mata pelajaran IPAS, 2) proses penerapan model Round Robin Brainstorming terhadap hasil belajar IPAS pada setiap siklus, 3) hasil belajar siswa setelah diterapkan model Round Robin Brainstorming pada mata pelajaran IPAS di setiap siklus. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Langensari, dengan menggunakan pendekatan mix method merupakan suatu metode penelitian gabungan antara metode kuantitatif dengan metode kualitatif yang digunakan secara bersama-sama dalam suatu penelitian. Model pembelajaran Round Robin Brainstorming mendorong siswa untuk dapat mengemukakan ide dengan secara bergiliran terhadap suatu permasalahan dalam kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua tindakan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum menerapkan model Round Robin Brainstorming memperoleh nilai rata-rata sebesar 46,71 dengan ketuntasan klasikal sebesar 39,47%. Pada pelaksanaan proses pembelajaran dengan penerapan model Round Robin Brainstorming terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa di setiap siklusnya. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase sebesar 100%, dan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 100%. Selanjutnya untuk aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 61,40 % dengan kategori baik dan pada siklus II aktivitas siswa memperoleh nilai 88,28%. Hasil belajar siswa dengan penerapan model Round Robin Brainstorming juga mengalami sebuah peningkatan pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata siswa pada siklus I memperoleh sebesar 59,18 dan ketuntasan klasikal 67,56%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar mengalami peningkatan dengan rata-rata 70,13 dan ketuntasan klasikal 81,57 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Round Robin Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 2 Langensari.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Round Robin Brainstorming; Hasil Belajar Kognitif; IPAS |
Subjects: | Education Elementary Education > Other Studies for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rahayu Juliani Ayu |
Date Deposited: | 24 Aug 2025 07:57 |
Last Modified: | 24 Aug 2025 07:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |