Ulwiyah, Ripa (2025) Pengembangan modul berbasis Inquiry Social Complexity untuk meningkatkan Critical and Creative Thinking Skill. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (511kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan CCT dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi SPLDV. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan modul berbasis ISC yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. Tujuan penelitian ini meliputi: (1) mengemabngkan modul berbasis ISC untuk meningkatkan CCT siswa; (2) mengetahui validitas dan kelayakan modul yang dikembangkan; serta (3) mengukur efektivitas penggunaan modul terhadap peningkatan CCT siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup tahap analisys, design, development, implementation, dan evaluate. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa modul masuk dalam kategori sangat layak digunakan sebagai bahan ajar. Uji coba terbatas dan uji coba lapangan menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa setelah penggunaan modul. Evaluasi berkelanjutan yang dilakukan melalui revisi substansi materi, perbaikan desain, serta penyempurnaan teknis penyajian materi turut meningkatkan kualitas modul. Dengan demikian, modul berbasis ISC terbukti valid, layak, dan efektif untuk meningkatkan CCT siswa pada pembelajaran SPLDV.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inquiry Social Complexity (ISC); Critical and Creative Thinking Skills (CCT); Modul Pembelajaran; SPLDV; Model ADDIE; |
Subjects: | Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Applied mathematics > Statistical Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ripa Ulwiyah |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 02:10 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 02:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |