Pengembangan modul berbasis Inquiry Social Complexity untuk meningkatkan Critical and Creative Thinking Skill

Ulwiyah, Ripa (2025) Pengembangan modul berbasis Inquiry Social Complexity untuk meningkatkan Critical and Creative Thinking Skill. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan CCT dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi SPLDV. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan modul berbasis ISC yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. Tujuan penelitian ini meliputi: (1) mengemabngkan modul berbasis ISC untuk meningkatkan CCT siswa; (2) mengetahui validitas dan kelayakan modul yang dikembangkan; serta (3) mengukur efektivitas penggunaan modul terhadap peningkatan CCT siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup tahap analisys, design, development, implementation, dan evaluate. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa modul masuk dalam kategori sangat layak digunakan sebagai bahan ajar. Uji coba terbatas dan uji coba lapangan menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa setelah penggunaan modul. Evaluasi berkelanjutan yang dilakukan melalui revisi substansi materi, perbaikan desain, serta penyempurnaan teknis penyajian materi turut meningkatkan kualitas modul. Dengan demikian, modul berbasis ISC terbukti valid, layak, dan efektif untuk meningkatkan CCT siswa pada pembelajaran SPLDV.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inquiry Social Complexity (ISC); Critical and Creative Thinking Skills (CCT); Modul Pembelajaran; SPLDV; Model ADDIE;
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Applied mathematics > Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ripa Ulwiyah
Date Deposited: 25 Aug 2025 02:10
Last Modified: 25 Aug 2025 02:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115814

Actions (login required)

View Item View Item