Pembelajaran flipped classroom berbantuan video Edpuzzle pada materi kimia hijau untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa

Rahmah, Rifa Aulia (2025) Pembelajaran flipped classroom berbantuan video Edpuzzle pada materi kimia hijau untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan lingkungan semakin mendesak menuntut adanya solusi berkelanjutan yang membutuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses penerapan video Edpuzzle pada tahap pre class, mendeskripsikan aktivitas pembelajaran siswa tahap in class dan out class serta meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa setelah pembelajaran flipped classroom berbantuan video Edpuzzle pada materi kimia hijau. Metode penelitian yang digunakan yakni pre eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitiannya merupakan 30 peserta didik kelas XJ MAN 2 Kota Bandung. Instrumen yang digunakan yaitu deskripsi pembelajaran, lembar observasi, media Edpuzzle, lembar kerja peserta didik, serta soal pretest-posttest. Hasil penelitian ini yakni didapatkan rata-rata jawaban soal-soal Edpuzzle keseluruhan yaitu 69 (baik) dan aktivitas siswa pada tahap pre class mencapai 94 (sangat baik). Aktivitas siswa pada tahap in class dan out class masing-masing mencapai 90 dan 89 (sangat baik). Nilai rata-rata LKPD secara keseluruhan sangat baik mencapai angka 96,7 dan untuk video pembuatan produk sebesar 92 (sangat baik). Hasil uji hipotesis mengindikasikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Besar peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dilihat dari nilai N-gain keseluruhan yaitu 0,5623 (sedang). Keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa meningkat (sedang) setelah dilakukan pembelajaran flipped classroom berbantuan video Edpuzzle pada materi kimia hijau.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: flipped classroom; edpuzzle; kimia hijau; keterampilan berpikir tingkat tinggi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Ecology > Environmental Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rifa Aulia Rahmah
Date Deposited: 25 Aug 2025 02:41
Last Modified: 25 Aug 2025 02:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115848

Actions (login required)

View Item View Item