Rahmah, Rifa Aulia (2025) Pembelajaran flipped classroom berbantuan video Edpuzzle pada materi kimia hijau untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (363kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan lingkungan semakin mendesak menuntut adanya solusi berkelanjutan yang membutuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses penerapan video Edpuzzle pada tahap pre class, mendeskripsikan aktivitas pembelajaran siswa tahap in class dan out class serta meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa setelah pembelajaran flipped classroom berbantuan video Edpuzzle pada materi kimia hijau. Metode penelitian yang digunakan yakni pre eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitiannya merupakan 30 peserta didik kelas XJ MAN 2 Kota Bandung. Instrumen yang digunakan yaitu deskripsi pembelajaran, lembar observasi, media Edpuzzle, lembar kerja peserta didik, serta soal pretest-posttest. Hasil penelitian ini yakni didapatkan rata-rata jawaban soal-soal Edpuzzle keseluruhan yaitu 69 (baik) dan aktivitas siswa pada tahap pre class mencapai 94 (sangat baik). Aktivitas siswa pada tahap in class dan out class masing-masing mencapai 90 dan 89 (sangat baik). Nilai rata-rata LKPD secara keseluruhan sangat baik mencapai angka 96,7 dan untuk video pembuatan produk sebesar 92 (sangat baik). Hasil uji hipotesis mengindikasikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Besar peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dilihat dari nilai N-gain keseluruhan yaitu 0,5623 (sedang). Keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa meningkat (sedang) setelah dilakukan pembelajaran flipped classroom berbantuan video Edpuzzle pada materi kimia hijau.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | flipped classroom; edpuzzle; kimia hijau; keterampilan berpikir tingkat tinggi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Ecology > Environmental Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rifa Aulia Rahmah |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 02:41 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 02:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |