Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pembelajaran kolaboratif berbantuan platform seesaw

Handayany, Annisa (2025) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pembelajaran kolaboratif berbantuan platform seesaw. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan salah satu kompetensi penting yang perlu dimiliki siswa di era saat ini. Namun, hasil studi pendahuluan di salah satu sekolah di Kabupaten Bandung menunjukkan bahwa kemampuan tersebut masih tergolong rendah. Untuk menjawab tantangan tersebut, pembelajaran kolaboratif berbantuan platform Seesaw dipilih sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui penerapan pembelajaran tersebut. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMP di Kabupaten Bandung pada dua kelas dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan pembelajaran kolaboratif berbantuan platform Seesaw lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan metode ceramah; (2) pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis siswa berdasarkan posttest juga lebih baik pada kelas yang menggunakan pembelajaran kolaboratif berbantuan platform Seesaw daripada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional; dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran kolaboratif berbantuan platform Seesaw sebagian besar bersifat positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Pembelajaran Kolaboratif; Platform Seesaw
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ica Annisa Handayany -
Date Deposited: 25 Aug 2025 08:05
Last Modified: 25 Aug 2025 08:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115978

Actions (login required)

View Item View Item