Handayany, Annisa (2025) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pembelajaran kolaboratif berbantuan platform seesaw. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (310kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (780kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan salah satu kompetensi penting yang perlu dimiliki siswa di era saat ini. Namun, hasil studi pendahuluan di salah satu sekolah di Kabupaten Bandung menunjukkan bahwa kemampuan tersebut masih tergolong rendah. Untuk menjawab tantangan tersebut, pembelajaran kolaboratif berbantuan platform Seesaw dipilih sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui penerapan pembelajaran tersebut. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMP di Kabupaten Bandung pada dua kelas dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan pembelajaran kolaboratif berbantuan platform Seesaw lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan metode ceramah; (2) pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis siswa berdasarkan posttest juga lebih baik pada kelas yang menggunakan pembelajaran kolaboratif berbantuan platform Seesaw daripada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional; dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran kolaboratif berbantuan platform Seesaw sebagian besar bersifat positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Pembelajaran Kolaboratif; Platform Seesaw |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ica Annisa Handayany - |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 08:05 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 08:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115978 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |